1. Pengertian lighting dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan tata cahaya dalam fotografi ?
  3. Apa arti lighting dalam fotografi & fungsi pencahayaan dalam fotografi ?
  4. Apa itu pengertian teknik lighting dalam fotografi ?
  5. Apa pengertian pencahayaan pada fotografi / pengertian lighting studio ?

Pengertian Lighting Dalam Fotografi


Apa pengertian lighting pada fotografi / pengertian pencahayaan dalam fotografi? Apa fungsi lighting dalam fotografi?

Lighting atau yang dalam bahasa Indonesia disebut pencahayaan adalah suatu unsur penting dalam fotografi. Definisi pencahayaan dalam fotografi adalah penerangan atau pemberian cahaya yang ditujukan untuk menerangi objek foto maupun keseluruhan ruang.

Cahaya dalam fotografi berperan penting dalam pembuatan nuansa dan intepretasi sebuah gambar yang diambil. Fotografer yang baik sudah semestinya memperhatikan dan mengetahui bagaimana cara mengendalikan cahaya untuk mengambil gambar lewat peralatan yang dimiliki dengan cara menguasai teknik lighting yang baik dan benar.

Pada umumnya lighting dapat dibedakan menjadi dua, yaitu available light dan artificial light. Available light meliputi pencahayaan menggunakan cahaya alami baik cahaya matahari maupun cahaya dalam ruangan. Sedangkan Artificial light adalah cahaya yang ditangkap oleh kamera dengan menggunakan bantuan.

Pencahayaan berperan penting dalam pembuatan nuansa dalam gambar yang akan diambil oleh fotografer seperti apabila fotografer ingin membuat gambar yang dramatis mungkin fotografer perlu memiliki keahlian dalam menggunakan bayangan sebagai pemanis gambar yang akan diambil. Maka dari itu teknik lighting juga tidak lepas dari istilah efek highlight, dan shadow.

Bagaimana komposisi pencahayaan fotografi & teknik lighting photography?

Dalam seni fotografi, cara memproduksi gambar dengan lighting yang baik atau menggunakan efek-efek yang berhubungan dengan pencahayaan diperlukan kemahiran fotografer dalam menggunakan speed dan apperture kamera. Fotografer memerlukan keahlian dalam menentukan temperatur dan dominasi warna, serta refleksi cahaya apabila ingin mengambil gambar dengan lighting yang sesuai dengan keinginan fotografer.

Sumber cahaya dalam dunia fotografi  sangat banyak dan kompleks, mulai dari sinar matahari, bermacam jenis lampu, dan benda lain yang berpendar yang mana tiap-tiap sumber cahaya punya temperatur dan intensitas warna yang berbeda-beda pula. Namun pada umumnya kamera mampu mengenali cahaya matahari, lampu neon, lampu pijar dan lampu kilat.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lighting dalam fotografi. Semoga kalian bisa memahami teknik lighting fotografi outdoor indoor maupun studio ya!