1. Pengertian limbah B3 dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan limbah B3 ?
  3. Apa arti limbah B3 ? Apa itu limbah B3 ?
  4. Apa kepanjangan dari limbah b3 ?
  5. Apa yang dimaksud dengan limbah b3 dan sebutkan macamnya !

Pengertian Limbah B3 Menurut Para Ahli


Arti limbah b3 adalah :

Pengertian limbah B3 adalah limbah yang mengandung Bahan Berbahaya dan Beracun (kepanjangan B3) karena konsentrasi, sifat, dan jumlahnya baik secara langsung maupun tidak langsung bisa merusak, mencemarkan lingkungan hidup, dan dapat membahayakan manusia. (Rikky Firmansya dkk : 2009)

Definisi limbah B3 adalah limbah lain yang apabila diuji dengan metode toksikologi memiliki LD50 di bawah ambang batas yang telah ditetapkan. (Riyanto, Ph.D : 2014)

Pengertian limbah b3 adalah limbah yang dihasilkan oleh industri yang mengandung bahan berbahaya dan beracun yang apabila dibuang ke dalam media lingkungan hidup bisa mengancam lingkungan hidup, kesehatan dan kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. (HANI ADHANI, SH., MH : 2015)


Pengertian limbah B3 dan jenisnya – Limbah merupakan sesuatu yang akrab dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Berbagai aktivitas kita seperti memasak, mandi dan buang air, membuang botol parfum yang telah habis , dan lain sebagainya menghasilkan material yang bernama limbah.

Begitu pula dengan kegiatan pengolahan dan produksi di sektor industri baik skala rumah tangga atau perusahaan yang tentu saja menghasilkan berbagai bahan sisa. Hal ini menyebabkan kehadiran limbah tidak bisa kita hindari, kita hanya dapat mengelolanya sebaik mungkin sehingga limbah tersebut tidak mencemari dan merusak lingkungan yang pada akhirnya merugikan dan mengancam kehidupan manusia.

Ada berbagai jenis limbah yang dihasilkan. Ada yang sifatnya organik sehingga lebih mudah diurai oleh tanah dan ada pula yang bersifat anorganik sehingga memerlukan waktu yang sangat lama agar dapat diurai oleh tanah.

Ada yang tidak begitu berbahaya jika terkena paparannya, ada pula yang sifatnya sangat berbahaya karena mengandung bahan-bahan beracun dan berbahaya yang disebut dengan limbah b3 atau limbah bahan beracun dan berbahaya.

Suatu jenis limbah dikategorikan b3 ketika limbah tersebut mengandung bahan yang memiliki sifat-sifat dan konsentrasi/jumlah yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemari, merusak, serta membahayakan lingkungan hidup, manusia, serta makhluk hidup lainnya.

Diantara sifat-sifat material yang termasuk limbah B3 adalah :

  • Mudah meledak

Dimana pada suhu dan tekanan normal saja bahan-bahan seperti ini dapat dengan mudah meledak. Seperti asam prikat atau picric acid yang merupakan limbah kimia dari laboratorium.

  • Mudah, sangat mudah, dan sangat mudah sekali menyala atau terbakar

Bahan-bahan yang mudah sekali menyala atau terbakar jika terpapar gas buangan yang panas seperti gas buangan dari kendaraan bermotor atau sumber api lain. Contohnya seperti aseton, benzena, dan toluena.

  • Pengoksidasi

Bahan-bahan yang jika bereaksi dengan bahan kimia lain dapat melepaskan panas dan menimbulkan api, terlebih lagi jika bereaksi dengan bahan-bahan yang memang mudah terbakar. Contohnya seperti kaporit.

  • Beracun, sangat beracun, dan amat sangat beracun

Jika bahan ini terpapar pada manusia baik termakan, terhirup, terkena kulit, dan lain sebagainya dapat menyebabkan keracunan. Contohnya seperti pestisida.

  • Korosif

Sesuai namanya bahan ini dapat menyebabkan perkaratan dan jika terkena kulit atau mata dapat menyebabkan iritasi atau terbakar. Contohnya sisa asam sulfat dalam proses pembuatan baja, accu atau aki bekas, dan lain sebagainya.

  • Teratogenik, karsinogenik, dan mutagenik

Yaitu bahan-bahan yang jika terpapar terus-menerus baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti menyebabkan kanker (karsinogenik), merubah kromosom dan genetika (mutagenik), serta mempengaruhi pembentukan dan pertumbuhan embrio (teratogenik).

  • Berbahaya baik bagi manusia, makhluk hidup lain, serta lingkungan

Contohnya seperti CFC (Chlorofluorocarbon), oli motor, PCBs (Polychlorinated Biphenyls), dan lain sebagainya.

  • Dapat menyebabkan iritasi dan infeksi

Bahan-bahan yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan selaput lendir, mengiritasi pernapasan, pusing, alergi kulit, iritasi mata yang serius, dan lain sebagainya. Contohnya seperti asam format.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian limbah b3 dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian limbah b3 dan ciri cirinya secara umum ya ! Baca juga pengertian film pendek 🙂