1. Pengertian long march itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan long march ?
  3. Apa arti long march dalam bahasa indonesia ?
  4. Apa pengertian long march dalam pramuka ?
  5. Apa itu long march ?

Pengertian Long March Menurut Para Ahli


Arti long march adalah :

Pengertian long march adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris, yang berarti perjalanan jauh. (Ktut Sudiri Panyarikan : 1982) 


Pernah mendengar istilah long march? Belum pernah? Atau sudah pernah mendengar tetapi kurang paham apa maksudnya? Kalau begitu silahkan dibaca artikel berikut ini, semoga dapat memberikan sedikit pencerahan. Bagi teman-teman yang aktif di kegiatan pramuka atau tergabung dalam komunitas tertentu tentu familiar dengan istilah long march, yaitu kegiatan berjalan kaki secara bersama-sama menempuh jarak yang cukup jauh. Biasanya kegiatan ini menjadi bagian dari kegiatan kepramukaan atau kegiatan refreshing bagi para mahasiswa ketika rehat kuliah atau liburan. Long march dapat dilakukan di jalan-jalan dalam kota atau bisa juga dilakukan di alam bebas.

Tidak ada atuan resmi mengenai standar jarak tempuh pada kegiatan long march karena pada dasarnya kegiatan ini bersifat bebas. Jarak tempuh pada berbagai kegiatan long march sangat beragam, ada 4 km, 7 km, 17 km, dan lain sebagainya. Panjangnya rute dan berat tidaknya medan yang dilalui disesuaikan dengan kondisi para peserta long march. Jika pesertanya anak-anak, ibu-ibu, atau lansia sebaiknya dipilih rute yang tidak terlalu panjang dan medan yang ringan seperti jalanan beraspal, rata dalam artian tidak mendaki atau menurun, serta tidak licin. Lain halnya jika pesertanya adalah remaja atau pemuda/pemudi dimana mereka tentu sanggup menjalani rute yang lebih panjang dan medan yang lebih menantang, bahkan biasanya mereka sendiri yang selalu mencari rute dengan medan yang menantang.

Jika dipikir sepintas lalu mungkin kegiatan long march ini terkesan tidak berguna, buat apa susah-susah berjalan kaki dalam jarak jauh dengan mengorbankan tenaga dan waktu. Namun ternyata kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi para pesertanya. Mulai dari kesempatan untuk berolahraga dan melatih fisik, refreshing dan menikmati keindahan alam, menjelajahi dan mengenal alam sekitar sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap alam, menumbuhkan keakraban antara sesama peserta, serta menumbuhkan semangat, kemandirian, dan keberanian dalam diri masing-masing.

Untuk menunjang kelancaran aktivitas long march para peserta perlu mempersiapkan barang bawaan masing-masing seefektif mungkin dan hanya membawa barang-barang yang benar-benar diperlukan. Jangan sampai bobot tas yang terlalu berat menyulitkan kita untuk menyelesaikan long march. Diantara barang-barang yang perlu dibawa ketika long march yaitu baju yang dapat menyerap keringat dengan baik, celana panjang, sepatu yang pas dan nyaman untuk berjalan jauh, tas ransel yang pas dan nyaman, air minum, bekal makanan, jas hujan, obat, serta kantong kresek.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian long march. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian long march pramuka secara umum ya ! Baca juga pengertian latar belakang pendidikan 🙂