1. Pengertian lukisan abstrak dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan lukisan abstrak ?
  3. Apa arti kata lukisan abstrak ? Apa itu lukisan abstrak ?
  4. Apa pengertian aliran lukisan abstrak ?

Pengertian Lukisan Abstrak Menurut Para Ahli


Arti lukisan abstrak adalah :

Pengertian lukisan abstrak adalah gambar atau lukisan yang menganut nilai-nilai di mana bentuk diciptakan secara alamiah, tetapi dibentuk dan ditata kembali dengan sedemikian rupa sehingga ritme dan keharmonisannya muncul. (Yoyok RM & Siswandi)

Pengertian seni lukis abstrak adalah penggubahan bentuk-bentuk murni yang secara visual dapat diperoleh atau dijumpai dari bentuk-bentuk di alam nyata. (Maman Noor : 2000) 


Menggambar dan melukis dapat dikatakan sebagai kemampuan dan kebutuhan alami manusia. Hal ini dapat dilihat dari berbagai lukisan manusia pada zaman dahulu di dinding-dinding gua. Mereka menggambar berbagai hal yang tersimpan atau muncul di pikiran mereka, seperti kegiatan sehari-hari, upacara adat, dan lain sebagainya. Atau ketika sedang bosan di kelas biasanya sebagian besar kita akan mencoret-coret bagian belakang buku tulis dengan berbagai tulisan dan gambar. Sebuah lukisan atau gambar merupakan representasi isi pikiran, perasaan, dan imajinasi pembuatnya.

Sebagian lukisan berisi objek-objek yang nyata dan natural sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang yang melihatnya, seperti lukisan wajah seseorang, pemandangan, peristiwa tertentu, dan lain sebagainya. Namun ada pula sebagian lukisan yang menggambarkan objek-objek yang tidak nyata dan natural yang disebut dengan lukisan abstrak.

Lukisan ini merupakan hasil dari imajinasi yang tinggi serta menyiratkan pesan dan perasaan yang ingin disampaikan pembuatnya sehingga cukup sulit mengidentifikasi objek apa yang digambarkan dalam lukisan tersebut. Jika dilihat sekilas terkadang hanya seperti coretan-coretan tidak jelas atau objek-objek aneh yang tidak biasa kita temui sehari-hari.

Hal ini menyebabkan tidak semua orang menyukai dan memahami lukisan abstrak. Untuk memahaminya pun tidak bisa dilakukan dengan sekali lihat, terkadang diperlukan waktu beberapa lama atau melihat beberapa kali untuk memahami apa maksud lukisan tersebut. Bisa dikatakan lukisan abstrak bermain dengan rasa, kita tidah harus mengenali apa sebenarnya objek yang dilukis, kita hanya perlu memahami serta merasakan pesan dan perasaan yang ingin disampaikan pelukis lewat lukisannya. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa lukisan abstrak hanya cocok bagi orang-orang intelek dan elit saja.

Meskipun sulit dipahami dan disukai oleh kalangan terbatas namun lukisan abstrak justru dihargai dengan nilai yang tinggi bahkan sangat tinggi. Diantara contoh lukisan abstrak yang memiliki harga fantastis adalah white center karya Mark Rothko, harganya mencapai US$74.900.000. Lukisan ini terlihat sangat sederhana, terdiri dari empat persegi panjang yang disusun vertikal dengan warna berbeda-beda, mulai dari atas berwarna kuning, diikuti hitam, putih, dan merah muda pada bagian paling bawah. Meskipun demikian sulit memahami makna lukisan ini.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lukisan abstrak dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian lukisan abstrak dan siapa tokoh pelukisnya secara umum ya ! Baca juga pengertian faktur dan fungsinya 🙂