1. Pengertian lumut daun itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan lumut daun ?
  3. Apa arti lumut daun ? Apa itu lumut daun ?
  4. Apa ciri ciri lumut daun ?
  5. Apa contoh lumut daun dan manfaatnya ?

Pengertian Lumut Daun Menurut Para Ahli


Arti lumut daun adalah :

Pengertian lumut daun adalah lumut sejati yang merupakan kelompok lumut terbanyak jika dibandingkan dengan kelompok lumut lainnya. Lumut daun ini mencapai 10.000 spesies. Ciri-ciri lumut daun adalah berbentuk tumbuhan kecil yang mempunyai akar atau rizoid, batang dan daun. Lumut daun ini hidupnya berkelompok membentuk hamparan tebal seperti beludru. Contoh lumut daun adalah Sphagnum dan Polytrichum. (Diah Aryulina dkk : 2004) 


Siapa yang tidak tahu dengan lumut? Tumbuhan yang dikenal berwarna hijau dan kerap menempel di tempat-tempat lembab seperti tembok kamar mandi, pepohonan, atau di kayu gelondongan yang sudah lapuk. Tumbuhan ini oleh kebanyakan orang dianggap tidak berguna dan sedapat mungkin segera dimusnahkan.

Padahal sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang diberikan tumbuhan lumut baik bagi sesama tumbuhan, hewan, maupun manusia. Contohnya saja lumut dapat digunakan untuk mengukur tingkat pencemaran udara dan air di suatu daerah, lumut juga dapat menjadi bahan makanan bagi beberapa jenis hewan invertebrata.

Ada ribuan jenis spesies tumbuhan lumut yang secara umum dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelas, salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu lumut daun dengan nama latinnya bryopsida. Lumut jenis ini memiliki spesies yang paling banyak dibandingkan jenis lumut lain, sekitar 95% spesies lumut tergolong ke dalam kelompok lumut daun sehingga lumut ini menutupi sekitar 30% permukaan bumi.

Lumut daun disebut juga lumut sejati karena berbentuk tegak seperti tumbuhan tingkat tinggi pada umumnya namun dengan ukuran kecil antara 10 hingga 40 centimeter. Secara fisik ciri ciri lumut daun terlihat memiliki batang dan daun, sementara akarnya masih berupa rhizoid yang berbentuk seperti benang. Batangnya bercabang-cabang dengan daun-daun kecil di sekeliling batang tersebut.

Lumut daun dapat hidup di berbagai tempat baik di daerah tropis, gurun, maupun kutub, seperti di atas tanah-tanah gundul yang mengalami kekeringan pada masa-masa tertentu, di antara rerumputan, di batang, cabang, atau daun pohon, di atas cadas, serta di rawa-rawa.

Proses reproduksinya sendiri dapat terjadi baik secara vegetatif dengan menggunakan spora maupun secara  generatif dengan arkegonium. Contoh spesies lumut daun diantaranya polytrichum juniperinum, polytricum communae, serta sphagnum squarrosum.

Apa manfaat yang dapat kita peroleh dari kelompok lumut daun ? Apa contoh lumut daun beserta manfaatnya ?

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tumbuhan lumut memiliki banyak manfaat, demikian halnya dengan lumut daun. Diantaranya sebagai penyedia oksigen, bahan dasar pengganti kapas, bahan bakar, mampu menyerap air dengan baik sehingga membantu menjaga kelembaban tanah dan mencegah terjadinya banjir, sebagai pupuk, obat penyakit mata dan kulit, serta obat untuk berbagai penyakit lainnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lumut daun dan manfaatnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh lumut daun dan peranannya secara umum ya ! Baca juga pengertian fauna peralihan dan contohnya 🙂