1. Pengertian lumut kerak dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan lumut kerak ?
  3. Apa arti lumut kerak ? Apa itu lumut kerak ?
  4. Apa contoh lumut kerak dan manfaatnya ?
  5. Apa saja jenis jenis lumut kerak / tipe lumut kerak dan contohnya ?

Pengertian Lumut Kerak Menurut Para Ahli


Arti lumut kerak adalah :

Pengertian lumut kerak adalah lumut yang tidak termasuk ke dalam klelas Bryophyta dikarenakan lumut ini adalah gabungan atau simbiosi dari jenis ganggang hijau dan ascomycetes yang hidup bersama dan saling menguntungkan satu sama lainnya. (Agung Nugroho dkk : 2008) 


Lumut kerak atau yang dalam bahasa ilmiah disebut lichenes merupakan organisme yang sangat unik. Mengapa demikian? Karena organisme ini merupakan hasil dari simbiosis mutualisme atau hubungan yang sangat erat dan saling menguntungkan antara fungi atau jamur sebagai mycobiont dengan mitra fotosintesisnya yaitu ganggang atau alga.

Contoh lumut kerak adalah Parmelia dan lumut janggut (Usnea). Lumut janggut hidupnya menempel di kulit-kulit pohon yang terdapat pada daerah dataran tinggi. Parmelia hidupnya menempel pada kulit batang pohon dan bebatuan, bentuknya berupa lembaran-lembarang seperti kerah berwarna abu-abu atau hijau.

Jadi lumut kerak ini merupakan organisme yang terdiri dari dua organisme berbeda yang hidup bersama dan saling mendukung sehingga disebut juga dengan organisme majemuk atau organisme komposit. Jika kita teliti di bawah mikroskop akan terlihat dengan jelas bagian hifa jamur dan sel ganggang yang terdapat pada lumut kerak.

Keduanya saling membutuhkan dan mengisi kekurangan masing-masing. Di satu sisi jamur yang tidak bisa membuat sendiri makanannya mendapatkan asupan makanan dari ganggang yang mampu berfotosintesis. Selain itu ganggang juga dapat menyediakan nitrogen organik untuk jamur.

Di sisi lain jamur menyediakan perlindungan bagi ganggang dari kekeringan dan sengatan matahari, jamur juga menyuplai air dan mineral yang diperlukan oleh ganggang. Lumut ini dapat berbentuk seperti kerak, semak, atau dedaunan.

Lumut kerak dapat hidup di berbagai tempat di permukaan bumi seperti tembok, dahan pohon, serta genteng, bahkan tempat ekstrem sekalipun seperti di permukaan batu yang terdapat di gunung dan di bioma tundra dengan kondisi suhu yang rendah.

Selain itu lumut kerak juga mampu hidup dan merintis tempat baru dimana belum ada tumbuhan lain yang hidup di sana sebelumnya bahkan kemudian menyediakan tempat yang baik bagi tumbuhan lain untuk hidup sehingga lumut kerak disebut juga vegetasi perintis. Lumut kerak dapat dikenali dari warnanya berupa bercak hijau keputih-putihan.

Apa manfaat lumut kerak bagi manusia / peranan lumut kerak bagi kehidupan manusia ?

Meskipun bukan organisme tingkat tinggi namun lumut kerak memiliki peran penting baik bagi tumbuhan, hewan, maupun bagi manusia. Seperti yang telah disebutkan di atas, bagi tumbuhan lain lumut kerak merupakan perintis untuk membuka tempat-tempat baru yang belum ada kehidupan tumbuhan di sana sebelumnya hingga akhirnya tumbuhan lain dapat tumbuh.

Sementara bagi sebagian hewan lumut kerak dapat menjadi sumber makanan utama, contohnya cladonia rangiferina yang menjadi makanan utama bagi rusa kutub. Dalam kehidupan manusia lumut kerak juga memiliki peran yang tidak kalah penting diantaranya sebagai indikator kondisi lingkungan, bahan obat untuk bermacam-macam penyakit, serta bahan dasar pewarna.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian lumut kerak dan perannya. Semoga kalian bisa menjelaskan apa saja manfaat lumut kerak dalam ekosistem secara umum ya ! Baca juga pengertian lumut daun 🙂