1. Pengertian minyak atsiri dan manfaatnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan minyak atsiri ?
  3. Apa arti kata minyak atsiri ?
  4. Apa nama tanaman penghasil minyak atsiri ?
  5. Apa pengertian minyak atsiri dan contohnya ?

Pengertian Minyak Atsiri dan Manfaatnya


Arti minyak atsiri dan manfaatnya adalah :

Pengertian minyak atsiri adalah kelompok besar dari bagian minyak nabati dengan wujudnya yang kental dan mudah menguap sehingga menimbulkan aroma yang khas dalam sebuah ruangan. Minyak atsiri berasal dari tanaman. Minyak atsiri biasa dikenal dengan nama minyak eteris, minyak aromatic, minyak terbang atau dalam Bahasa Inggris sering disebut essential oil.

Adapun pengertian minyak atsiri menurut para ahli antara lain :

Pengertian minyak atsiri adalah minyak terbang atau minyak yang mudah menguap yang merupakan campuran senyawa berwujud cari yang diperoleh dari berbagai bagian tanaman seperti kulit, akar, daun, batang, buah, biji dan bunga dengan cara penyulingan. (Hardjono, 2004)

Pengertian minyak atsiri adalah suatu zat berbau yang terdapat di dalam tanaman. Pada suhu kamar, minyak ini mudah menguap. Dalam keadaan murni dan segar, minyak atsiri pada umumnya tidak berwarna. (Gunawan & Mulyani : 2004)

Minyak atsiri biasa digunakan sebagai minyak gosok (minyak kusuk), dan bahan dasar wangi-wangian. Tahukah kamu? Bibit parfum yang biasanya dijual di toko parfum berbahan dasar minyak atsiri yang diperoleh melalui proses penyulingan.

Minyak atsiri merupakan salah satu komoditas tanaman yang mempunyai nilai sangat tinggi dan sangat mudah untuk dikembang biakkan. Pengolahannya dapat dilakukan oleh banyak orang, tanpa diperlukan adanya keahlian khusus. Proses pembuatannya sangat mudah, begitupun dengan alat-alat yang digunakan. Di dalam industri, minyak atsiri biasanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik, antiseptik, obat-obatan, maupun sebagai “flavoring agent” dalam bahan pangan dan minuman.

Apa tanaman penghasil minyak atsiri ? Ada banyak sekali tanaman yang bisa digunakan sebagai penghasil minyak atsiri. Diperkirakan ada sekitar 150 hingga 200 tanaman yang datang dari berbagai macam spesies seperti Pinaceae, Compositae, Lauraceae, Myrtaceae, dan Umbelliferaceae.

Sumber minyak atsiri / bahan baku minyak atsiri sendiri berasal dari daun, bunga, batang, biji, buah, kulit, maupun akar dari sebuah tanaman. Tanaman yang dapat dimanfaatkan batangnya untuk menghasilkan minyak atsiri seperti batang cendana. Dari daun misalnya sereh. Dari bunga misalnya cengkeh, dan kenanga. Dari buah misalnya pala.

Harga minyak atsiri di pasaran Indonesia saat ini tergolong mahal. Contohnya : harga minyak atsiri yang berasal dari bunga kenanga sekitar 70ribuan per 10 mililiternya, harga minyak atsiri dari daun nilam sekitar 35ribuan per 10 mililiternya dan harga minyak atsiri yang berasal dari biji cengkeh sekitar 100ribuan per 35 mililiter nya.

Ciri-ciri minyak atsiri / sifat minyak atsiri :

  • Memiliki titik uap yang rendah sehingga mudah menguap.
  • Senyawa dalam komponennya sangat kuat sehingga mempengaruhi urat saraf manusia terutama hidung.
  • Sukar larut dalam air dan dalam pelarut polar lainnya.
  • Pembuatannya berasal dari campuran banyak senyawa, namun dari senyawa tersebut biasanya akan mengeluarkan satu bau yang menjadi khas dari minyak atsiri tersebut.

Lalu, apakah manfaat minyak atsiri bagi kehidupan kita? Adapun manfaat minyak atsiri adalah sebagai berikut :

  • Dapat dijadikan sebagai obat pengurang stress dan digunakan sebagai minyak saat relaksasi.
  • Dapat digunakan sebagai antiseptik.
  • Digunakan untuk menyegarkan udara, terutama sebagai bahan pembuat pengharum ruangan.
  • Bermanfaat untuk berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh.
  • Sebagai obat pengompres saat demam.
  • Sebagai bahan perawatan rambut khususnya dibuat untuk bahan vitamin yang fungsinya untuk melembutkan rambut, menghilangkan ketombe, membuat kepala jadi ringan, dan lainnya.
  • Minyak atsiri mengandung asam amino dan mineral yang baik untuk tubuh kita.
  • Berguna sebagai pencerna bahan kimia beracun dalam tubuh kita.
  • Sebagai detoksifikasi sel dan darah dalam tubuh.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian minyak atsiri dan manfaatnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian minyak atsiri dan contohnya (pengertian dan sifat minyak atsiri) secara umum ya! Baca juga pengertian minyak bumi dan manfaatnya 🙂