1. Pengertian minyak bumi dan manfaatnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan minyak bumi ?
  3. Apa itu minyak bumi?
  4. Bagaimana proses pembentukan minyak bumi ?
  5. Apa manfaat minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari ?

Pengertian Minyak Bumi dan Manfaatnya


Arti minyak bumi dan manfaatnya adalah :

Minyak bumi lebih dikenal dengan sebutan minyak mentah. Minyak bumi berasal dari bahasa Latin “petroleum”.  Secara umum, pengertian minyak bumi adalah minyak yang dihasilkan oleh alam dari fosil-fosil tumbuhan dan hewan di zaman purba yang sudah terkubur berjuta-juta tahun lamanya. Minyak bumi biasanya akan diolah menjadi bahan bakar yang dapat gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Minyak bumi bisa juga berasal dari sisa-sisa pelapukan kehidupan manusia di zaman purba yang keberadaannya terpendam bersamaan dengan air laut.

Apa jenis jenis minyak bumi ? Di dalam minyak bumi, terdapat tiga jenis hidrokarbon terdiri dari alkana, sikloalkana, dan aromatik. Dari ketiga jenis hidrokarbon ini, yang terbanyak adalah jenis alkana.

Proses pembentukan minyak bumi terjadi melalui endapan dari sisa-sisa zat organik pada hewan laut maupun mikroorganisme yang nantinya masuk ke rongga pori-pori batuan. Tekanan, suhu udara, dan aktivitas dari bakteri nantinya akan membantu pemecahan sisa zat organik tersebut sehingga membentuk hidrokarbon yang sederhana. Dan pada akhirnya terbentuklah minyak bumi.

Sumber minyak bumi yang melimpah tersebar di beberapa negara bagian seperti Arab Saudi, Irak, Iran, Amerika, China, dan Indonesia tentunya. Keberadaan minyak bumi nantinya akan mampu mempengaruhi tingkat ekonomi suatu negara. Mengapa? Karena hasil minyak bumi yang melimpah bisa diekspor ke negara lain sehingga bisa mendatangkan pendapatan bagi suatu negara.

Peranan minyak bumi sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Kalau minyak bumi sampai habis, maka hancurlah sistem perekonomian kita. Hal ini mengingat seluruh aspek kehidupan manusia hampir semuanya berpegang pada industri minyak bumi.

Apa kegunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari hari ? Untuk lebih jelasnya, mari simak berbagai uraian tentang manfaat minyak bumi di bawah ini.


MANFAAT MINYAK BUMI BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN


Adapun manfaat minyak bumi untuk manusia dan lingkungan antara lain :

  1. Sebagai Bahan Bakar

Sudah jelas ya, minyak bumi nanti diolah menjadi bahan bakar untuk kendaraan dan menggerakkan mesin diesel. Proses pengolahannya sendiri melalui beberapa tahap mulai dari penyulingan dan seterusnya.

  1. Sumber Gas Cair

Tau gas LPG? Nah itu salah hasil dari gas cair dari hasil pengolahan minyak bumi.

  1. Industri Kimia

Berbagai macam senyawa yang terdapat dalam minyak bumi nantinya akan diolah menjadi senyawa kimia, berupa cat dinding, cat kayu, dan plastik.

  1. Sumber Produksi Polimer

Polimer biasanya digunakan dalam aktivitas industri perusahaan. Bahan industri yang dihasilkan nantinya berupa plastik yang sangat diperlukan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Produk Dapur

Tahukah Anda? Kulkas, kunci pintu, kunci jendiea, rice cooker termasuk salah satu hasil produksi yang membutuhkan minyak bumi saat proses pembuatannya.

  1. Olahan Pupuk

Minyak bumi menghasilkan senyawa sintetis yang membuat pupuk bisa mnyuburkan tanaman dan membuatnya terhindar dari hama atau oenyakit. Selain itu minyak bumi juga digunakan untuk menggerakkan mesin produksi.

  1. Sebagai Pembangkit Listrik

Minyak bumi digunakan untuk menghasilkan tenaga uap yang berguna untuk menggerakkan mesin turbin pada kumparan magnet pembangkit listrik sehingga listrik bisa kita gunakan seperti sekarang ini.

  1. Bahan Obat-obatan

Komponen hidrokarbonat dalam minyak bumi bisa digunakan sebagai bahan membuat obat-obatan. Salah satu obat yang dihasilkan dari senyawa minyak bumi adalah obat sakit kepala yang mengandung aspirin.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian minyak bumi dan manfaatnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian minyak bumikegunaan minyak bumi bagi kehidupan sehari-hari ya ! Baca juga pengertian mitos legenda dan dongeng 🙂