1. Pengertian misionaris dan zending itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan misionaris ?
  3. Apa arti kata misionaris ? Apa itu misionaris ?
  4. Apa tujuan misionaris?
  5. Apakah yang dimaksud dengan misionaris dalam penyebaran agama Kristen?

Pengertian Misionaris Menurut Para Ahli


Arti misionaris adalah :

Setiap agama yang terdapat di muka bumi ini memiliki cara atau teknik penyebaran misi agama masing-masing. Dalam agama “Islam” teknik penyebaran misi agama ini disebut “dakwah”. Dakwah disampaikan kepada orang lain agar bersikap dan melakukan hal yang baik sesuai perintah Nabi Muhammad SAW. Tugas mendakwah sendiri ini tidak hanya dibebankan pada seorang ulama saja, namun juga pada seluruh umat Muslim.

Berbeda dengan agama Katolik. Dalam agama “Katolik” penyebaran misi agama ini disebut misionaris. Lalu apa sih sebenarnya pengertian misionaris dalam penyebaran agama kristen ?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian misionaris adalah (1) imam Kristen (Katolik) yang melakukan kegiatan misi, (2) orang yang melakukan penyebaran warta Injil kepada orang yang sama sekali belum mengenal Kristus. Jadi secara singkat pengertian misionaris itu adalah sebutan bagi siapa saja yang bertanggung jawab dalam hal pemberitaan dan pewartaan Injil akan Kristus. Untuk agama Kristen pewartaan ini disebut dengan zendling (dalam Bahasa belanda).

Tujuan misionaris secara garis besar adalah untuk mengundang orang lain supaya datang secara suka rela kepada Kristus dengan bertobat, beriman ,dibaptiskan serta ditetapkan menjadi anggota Gereja Tuhan yang benar sampai akhir hayatnya.

Apa yang membuat seseorang memilih menjadi misionaris? Karena adanya panggilan Ilahi dari dalam hati dan sudah merasakan kasih Bapa secara langsung dari dalam dirinya sehingga tergerak hatinya untuk membagikan kasih Bapa yang sudah ia rasakan dan alami kepada orang lain. Menjadi seorang misionaris itu susah lho! Nggak hanya memberitakan kabar sukacita dan injil saja kepada orang lain.

Dalam hidup sehari-hari, apa yang telah ia kotbah kan haruslah ia terapkan juga dalam hidupnya. Tidak hanya menyuruh orang untuk melakukan perbuatan baik, namun dia juga harus jadi orang pertama yang melakukannya. Jadi benar-benar dalam kehidupan nyata, Anda harus menunjukkan bahwa Anda adalah seorang misionaris! Jangan main-main lho!

Menjadi seorang misionaris harus rela untuk hidup miskin dan apa adanya. Melupakan segala bentuk kemewahan dan kenyamanan yang dulu pernah ia rasakan. Ibaratkan seperti anak yang hilang ingatan. Jadi semuanya harus dimulai dari nol. Fokus hidupnya hanyalah menyebarkan cinta kasih, memperhatikan sesama yang ada di sekelilingnya, merawat orang sakit, orang miskin, orang papa, dan orang yang membutuhkan bantuan dalam kelangsungan hidupnya.

Anda pernah berpikir menjadi seorang misionaris? Lakukan hal ini jika memang benar menjadi misionaris adalah tujuan hidup Anda.

  1. Persiapkan diri secara jasmani terlebih lagi secara rohani. Berdoalah dan minta petunjuk kepada Yang Kuasa agar Ia mengabulkan tindakan suci dan tulus Anda ini.
  2. Mulailah untuk menjadi pemimpin pada acara rohani di gereja. Setidaknya memimpin organisasi remaja.
  3. Mulai belajar. Dalam konteks ini Anda bisa untuk mengulang pelajaran agama yang sudah disampaikan minggu lalu, dan belajar untuk menerapkannya.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian misionaris. Semoga kalian bisa memahami apa yang dimaksud dengan misionaris dan zending ya ! Baca juga pengertian sidang pleno dan sidang komisi 🙂