1. Pengertian mitos legenda dan dongeng serta contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan mitos legenda dongeng ?
  3. Apa itu mitos legenda dongeng ?
  4. Apa ciri ciri legenda mitos dan dongeng ?
  5. Apa perbedaan mitos legenda dongeng ?

Pengertian Mitos Legenda Dongeng


Arti mitos legenda dongeng adalah :

Mitos legenda dan dongeng merupakan contoh dari karya sastra prosa lama yang masih eksis hingga sekarang. Lalu apa sih perbedaan antara mitos legenda dongeng ? Berikut pengertian dan contoh mitos legenda dongeng yang perlu kamu ketahui :

  1. Mitos

Kata mitos berasal dari bahasa Yunani “μῦθος— mythos” atau berasal dari bahasa Belanda “mythe”.  Secara umum, pengertian mitos adalah jenis prosa lama berbentuk cerita atau tradisi masyarakat yang terjadi pada masa lampau yang mengandung berbagai penafsiran mengenai keberadaan alam semesta beserta semua makhluk yang ada di dalamnya. Cerita dalam mitos bisa merupakan kejadian nyata maupun hanya karangan imajinasi belaka saja. Ciri-ciri mitos pada umumnya menceritakan berbagai hal yang terkait dengan kehidupan dewa-dewi, kekuatan supranatural, proses terbentuknya alam semesta, bentuk topografi, dan lain sebagainya.

Apa tujuan manusia menciptakan mitos? Fungsi dan tujuan mitos antara lain adalah untuk menstabilkan kebudayaan, sebagai petunjuk dalam hidup, melukiskan makna kehidupan, dan memberikan penjelasan tentang bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi yang kejadiannya tidak dapat dicerna oleh akal pikiran manusia. Lalu apakah mitos masih dipercaya? Ya, sebagian orang masih mempercayainya khususnya masyarakat tradisional yang tinggal pada wilayah pedalaman. Mereka ini masih beranggapan bahwa mitos memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan.

Contoh mitos di Indonesia antara lain :

  • Mitos angka 13, yang berarti angka ketidakberuntungan atau angka sial. Mitos yang satu ini keberadaannya tidak hanya tersebar di Indonesia saja, tapi juga di negara lain di dunia.
  • Cerita tentang pemindahan Gunung Suci Mahameru di India ke Gunung Semeru yang dilakukan oleh para Dewa. Mitos yang satu ini dianggap suci oleh masyarakat Jawa dan Bali.
  • Mitos tentang anak perempuan dilarang duduk di depan pintu, yang artinya nanti akan jauh dari jodoh.
  • Cerita tentang Nyi Roro Kidul (Ratu Laut Selatan, termasuk Pantai Parang Tritis di Yogyakarta).
  1. Legenda

Pengertian legenda adalah prosa lama yang menceritakan kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Kebanyakan cerita dari legenda memang benar adanya, tapi ada juga yang hanya fiksi saja. Legenda bisa dikatakan sebagai sebuah sejarah yang menceritakan tentang asal mula terciptanya sesuatu terutama yang berkaitan dengan alam. Ciri-ciri legenda yang paling jelas terlihat adalah bahwa pelaku dalam kejadian pada legenda tersebut adalah manusia nyata, bukanlah dewa-dewi seperti yang ada pada mitos. Namun sangat disayangkan cerita dari legenda tidak tertulis, sehingga dalam perfilman jalan ceritanya terkadang bisa lain dari kejadian sebenarnya.

Contoh legenda di Indonesia:

  • Asal Mula Gunung Tangkuban Perahu
  • Legenda candi Prambanan
  • Legenda Ke-sembilan wali yang ada di Indonesia
  • Asal Mula Teluk Banyuwangi
  • Asal Mula nama Kota Bogor, dan lain sebagainya.
  1. Dongeng

Pengertian dongeng adalah jenis sastra lama yang menceritakan kejadiannya atau suatu hal yang sangat luar biasa. Ciri-ciri dongeng yaitu ceritanya biasanya hanya berupa khayalan semata (fiksi) dan kejadiannya tidak benar terjadi dan keberadaannya tidak ada di kehidupan nyata. Cerita dalam dongeng bersifat turun temurun dari nenek moyang terdahulu ke para cicit-cicitnya. Tujuan dongeng atau maksud dari penulisan dongeng ini adalah untuk memberikan ajaran moral, dan pengetahuan, bisa juga dijadikan sebagai hiburan semata.

Cerita dalam dongeng biasanya disajikan dengan alur yang sangatlah sederhana. Bagian akhir dari ceritanya juga sangat gampang ditebak. Penulisannya terdiri dari tiga bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup.

Contoh dongeng di Indonesia yaitu : cerita Pak Belang yang Malang, cerita tentang si Kancil dan Buaya, Petani yang Baik Hati, Asal Mula Guntur, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian mitos legenda dan dongeng serta contohnya. Semoga kalian bisa memahami contoh mitos legenda dongeng & perbedaan mitos legenda dan dongeng secara umum ya ! Baca juga pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan 🙂