1. Pengertian musik klasik dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan musik klasik ?
  3. Apa arti kata musik klasik ? Apa itu musik klasik ?
  4. Apa pengertian musik klasik dan ciri cirinya ?
  5. Apa pengertian musik klasik beserta contohnya ?

Pengertian Musik Klasik Menurut Para Ahli


Arti musik klasik adalah :

Pengertian musik klasik adalah jenis musik yang berasal dari masa sekitar akhir abad ke 18, semasa hidup kompanis Mozart dan Hayden, yang kemudian lebih dikenal sebagai periode klasik; yang mana pembuatan dan penyajian musik klasik ini memakai bentuk, sifat, serta gaya dari musik yang berasal dari masa lampau (Dagun dalam Yuhana : 2010)

Pengertian musik klasik adalah suatu komposisi musik yang berasal dari kebudayaan Eropa sekitar tahun 1750-1825 silam. (Pattikawa : 2014)


Suka dengan musik klasik tidak cukup tanpa mengetahui apa itu sebenarnya pengertian dari musik klasik. Secara umum, pengertian musik klasik adalah jenis musik yang diproduksi dalam seni yang sangat luas dan bisanya lebih mengarah pada jenis kesenian musik Barat, sekuler, dan musik orkestra. Musik ini mencakup periode yang sangat luas mulai dari abad ke-9 hingga abad ke-21.

Musik klasik kini dibedakan dari jenis musik non Barat dan musik populer karena adanya perbedaan terutama pada konotasi musiknya. Perbedaan ini terjadi sudah pada abad ke-16. Notasi musik barat digunakan oleh para komponis untuk memberikan petunjuk tinggi rendahnya nada yang digunakan kepada seorang  pembawa musik.

Tidak hanya petunjuk tinggi rendahnya nada saja, melainkan juga ritme, kecepatan, metrum, dan pembawaan yang benar pada sebuah karya musik. Keseluruhan petunjuk dari komponis juga digunakan untuk membatasi improvisasi yang biasa dilakukan oleh para penyanyi pada musik populer dan musik non-Barat.

Perkembangan musik klasik sendiri dimulai dari abad ke-2 dan ke-3 Sebelum Masehi dimana negara Mesir dan Tiongkok sudah memiliki musik tertentu. Mendapat pengaruh dari Mesir dan daerah Babilon, berkembang menjadi musik Hibrani kemudian menjadi musik Gereja yang digunakan oleh masyarakat pada saat upacara gereja berlangsung. Dari situlah musik klasik mulai berkembang di seluruh wilayah Eropa dengan instrumen yang sudah maju dan bertumbuh dengat pesat.

Tokoh musik klasik yang terkenal di dunia, antara lain: Franz Joseph Haydn, Franz Schubert, Georg Friedrich Handel, Ludwig Van Beethoven, dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Alat musik yang biasa digunakan saat pertunjukan musik klasik antara lain: harpsichord, piano instrumen, biola, brass, dan violin ukuran kecil yang biasa dikenal dengan nama cello.

Ciri ciri musik klasik adalah :

  • Menggunakan instrumen musik yang tidak kompleks atau sederhana.
  • Terdapat 3 nada yang dibunyikan secara bersamaan (homofik).
  • Adanya peralihan tempo accelerando serta ritardando.
  • Adanya peralihan dinamik decrescendo dan crescendo.

CONTOH MUSIK KLASIK DAN NAMA PENCIPTANYA


Contoh musik klasik yang ada di dunia antara lain :

  • Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791) yaitu Symphony No. 40, Piano Sonata No 16 in C Major, Piano Concerto No. 21, Symphony No. 25, Piano Sonata No. 11 dsb.
  • Johann Sebastian Bach (1685-1750) yaitu Air on the G String, Brandenburg Concertos, Toccata and Fugue in D minor, Arioso dll.
  • Ludwig van Beethoven (1770-1827) karyanya yaitu Piano Concerto No. 5 in E-flat major, Sonata No. 14 (Moonlight Sonata), 6th Symphony, 5th Symphony, Bagatelle No. 25 (Für Elise) dsb.
  • Giacomo Puccini (1858-1924) yaitu O soave fanciulla, E lucevan le stelle, Che gelida manina, Un bel di vedremo, O mio babbino caro dsb.
  • Giuseppe Verdi (1813-1901) yaitu La traviata, Aida, Rigoletto, Otello, Don Carlos, Falstaff dsb.
  • Igor Stravinsky (1882-1971) yaitu The Firebird, The Rite of Spring, Petrushka, A Soldier’s Tale, Mavra, The Song of the Nightingale, Oedipus Rex, the Symphony in C dsb.
  • Antonio Vivaldi (1678-1741) yaitu sacred choral music, symphonies, dsb.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian musik klasik dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian musik klasik dan tokohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian minyak atsiri dan manfaatnya 🙂