1. Pengertian musik pop dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan musik pop ?
  3. Apa arti kata musik pop ? Apa itu musik pop ?
  4. Apa ciri ciri musik pop dan contohnya ?
  5. Apa pengertian musik pop dan contoh lagunya ?

Pengertian Musik Pop Menurut Para Ahli


Arti musik pop adalah :

Pengertian musik pop adalah musik yang mudah diperoleh, menekankan pada chorus atau ulangan lagu, dengan lirik yang menyenangkan bertema romantis dan berorientasi pada komersil. (Shuker : 2005). Menurut Frith (dalam Shuker 2005) musik pop seringkali berhubungan dengan nada-nada populer dan pengekspresian perasaan sehari-hari seperti cemburu, cinta, dan kehilangan.

Pengertian musik pop adalah adalah musik yang bersifat easy listening yang bisa didengarkan tanpa membutuhkan perhatian yang banyak atau lebih secara khusus. Musik pop ini juga bisa berfungsi sebagai bentuk perekat sosial, yang menempatkan seseorang pada realitas kehidupan yang sedang mereka jalani. (Strinati : 2009)


Pengertian musik pop dan contohnya – Secara umum, pengertian musik pop adalah sebutan bagi musik populer. Musik jenis ini adalah jenis musik yang sangat banyak mengalami perkembangan. Musik ini menjadi salah satu yang digemari masyarakat, namun jenis musiknya tidak bertahan lama.

Seiring perkembangan zaman, maka musiknya lambat laun akan hilang karena adanya pergantian lagu-lagu baru, tidak seperti musik klasik yang mungkin abadi selamanya. Komposisi musiknya sangat sederhana, mulai dari lirik, chord yang digunakan, dan aransemen. Lagu populer ini mudah untuk dihapalkan, atau diingat oleh masyarakat.

Perkembangan musik populer ada sejak munculnya band “The Beatles”  pada tahun 60-an yang sangat terkenal saat itu bahkan sampai sekarang kali ya. Yakali nggak kenal sama The Beatles. Di Indonesia sendiri penyanyi musik pop yang cukup terkenal di tahun 60-an antara lain seperti Dara Puspita, Ernie Johan, dan lain sebagainya.

Menginjak tahun 80-an, di Indonesia mulailah muncul musik dangdut dengan Rhoma Irama sebagai motor pengembangnya. Keberadaan musik dangdut mengalami kenaikan yang sangat pesat hingga sekarang. Mulai dari masyarakat pinggiran hingga kalangan atas ada saja yang menyukai musik dangdut ini. Di tahun 90-an musik pop hadir dengan inovasi baru yaitu dengan melakukan kolaborasi sehingga memunculkan style baru dalam permusikan seperti pop dangdut, jazz rock, remix, dan lain sebagainya.

Ada tiga (3) jenis musik pop, yaitu:

  1. Musik Pop Standar

Musik yang melodinya sederhana, diikuti dengan lirik yang mudah dihapalkan. Jenis musik ini juga sangat fleksibel dan mudah untuk dipadu padankan maupun diserap.

  1. Musik Pop Kreatif

Adalah jenis musik yang dianggap unik, mulai dari ritme, melodi, harmoni, instrumen, maupun gaya yang digunakan di dalamnya.

  1. Musik Pop Balada

Jenis musik yang bertempo lambat dan sedang, liriknya cenderung ekspresif, dan pembuatan melodi yang didasarkan atas lirik lagu.

Ciri-ciri musik pop :

  • Melodinya mudah dicerna dan mudah diterima masyarakat.
  • Mudah dipadu padankan dengan jenis lainnya.
  • Karakter dari liriknya mudah, dan gampang diserap.
  • Menggunakan harmoni yang tidak terlalu rumit, dengan tempo yang bervariasi.

CONTOH MUSIK POP


Contoh musik pop adalah sebagai berikut :

  • Semua jenis lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi saat ini (Indonesia) seperti Ungu, Noah, Dewa, Slank, Sheila on 7, Nidji dkk

Sedangkan contoh musik pop barat antara lain :

  • The Chainsmokers feat. halsey – Closer
  • DJ Snake feat Justin Bieber – Let me love you
  • Twenty One Pilots – Heathens
  • Martin Garrix & Bebe Rexha – In The Name Of Love
  • Adele – Water Under The Bridge
  • Zara Larsson – Ain’t My Fault
  • Britney Spears Featuring Tinashe – Slumber Party
  • Lady Gaga – Million Reasons
  • Anne-Marie – Alarm

Perlu digarisbawahi bahwa musik pop adalah musik yang sangat fleksibel yang tidak mengkotak-kotakkan. Tidak seperti genre musik lainnya (contohnya seperti musik metal yang hanya terpaku pada drum double pedal, gitar yang penuh distorsi dan suara vokal yang serak), aliran musik pop cenderung lebih bebas menggunakan berbagai instrumen sehingga pola musik pop akan beragam.

Hal tersebut juga membuat pola musik pop pada suatu lagu di negara akan berbeda dengan negara lainnya. Contohnya musik pop Amerika yang didominasi oleh EDM (Electronic Dance Music) sedangkan musik pop di Indonesia di dominasi oleh musik pop konvensional (yang masih menggunakan drum, gitar, bass dengan permainan yang simpel).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian musik pop dan contohnya (pengertian musik populer beserta contohnya). Semoga kalian bisa memahami pengertian musik populer dan ciri-cirinya secara umum ya ! Baca juga pengertian musik klasik dan contohnya 🙂