1. Pengertian naturalisme dalam seni rupa itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan naturalisme ?
  3. Apa arti kata naturalisme dalam seni rupa ?
  4. Apa itu naturalisme dalam seni rupa ?
  5. Apa pengertian naturalisme dan contohnya ?

Pengertian Naturalisme Menurut Para Ahli


Arti naturalisme dalam seni rupa adalah :

Pengertian naturalisme dalam seni rupa adalah suatu faham yang mencintai & memuja kebesaran alam serta seluruh isinya. Oleh karena itu bagi kaum naturalis, mereka tidak akan mungkin untuk melukis bagian alam yang jelek-jelek. Lukisan naturalisme akan selalu menggambarkan keindahan alam (tidak ada yang jelek), sehingga naturalisme dalam seni rupa lebih bersifat idealistik. (Sudarso : 1990)


Kalau kamu suka seni rupa, pastilah kamu mengenal berbagai macam istilah yang ada di dalamnya seperti naturalisme. Secara umum, pengertian naturalisme dalam seni rupa adalah salah satu hasil seni yang berusaha menggambarkan hasil lukisan sesuai dengan alam (nature). Pada saat melukis, seniman biasanya menggunakan anatomi, perspektif, dan proporsi pewarnaan dengan tepat sesuai takarannya agar hasil gambar yang dihasilkan memang sesuai dengan kenyataannya.

Apa ciri ciri naturalisme? Seperti asal mula katanya yaitu natural, berarti alami. Dalam melukis berarti kita sebagai seniman tidak boleh melebih-lebihkan dalam proporsi warnanya. Lukisan yang berbau naturalisme biasanya berupa gunung, langit, pedesaan, laut, pantai, pegunungan, dan pemandangan alam lainnya yang ada di jagad raya nan indah ini. Bukan karena berasal dari kata nature, lukisannya melulu hanya berbau alam. Tidak! Para seniman juga bisa melukis dengan tema kehidupan, misalnya seorang nenek yang sedang berjualan di pasar, kakek yang sedang mencangkul, dan seorang anak yang sedang asyik bermain dengan temannya.

Penekanan naturalisme ini sangat digantungkan pada hasilnya yang benar-benar alami. Tokoh aliran naturalisme luar negeri yang terkenal adalah Williamn Hogart, Rembrant, dan Frans Hall. Sedangkan tokoh aliran naturalisme di indonesia antara lain adalah Abdullah Sudrio Subroto, Basuki Abdullah, Trubus, dan Gambir Anom. Berbagai contoh lukisan naturalisme bisa kalian lihat pada lukisan mereka.

Biasanya pelukis naturalisme sangat memuja dan mencintai alam. Sehingga apa saja benda yang menarik dan membuat dia takjub, sebisa mungkin akan ia lukiskan dalam sebuah kanvas. Hasil dari lukisan ini juga enak dipandang dan ditangkap oleh mata. Kamu pernah melihat lukisan monet? Pasti pernah, walaupun tidak secara langsung hanya dari internet saja. Kalau diperhatikan, penggunaan warna, tekstur dalam lukisan monet ini sangat natural, dan pas dengan proporsinya. Satu hal yang perlu diketahui bahwa lukisan monet saat ini sudah dimuseumkan dan sangat dijaga.

Ada kejadian lucu seputar lukisan naturalisme. Orang yang tidak mengerti seni, akan menganggap bahwa hasil karya seni jenis ini biasa saja, dan bisa dibuat oleh semua orang termasuk dirinya sendiri. Padahal orang yang betul-betul mengetahui seni, akan sangat terpukau dengan salah satu hasil karya seni naturalisme ini. Harga satu hasil karya seni juga tergolong mahal apabila dilelang. Jadi jangan main-main dengan hasil karya seni ya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian naturalisme dalam seni rupa. Semoga kalian bisa memahami pengertian naturalisme dalam seni lukis secara umum ya ! Baca juga pengertian naturalisasi biasa dan istimewa 🙂