1. Pengertian negara maju dan negara berkembang beserta contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan negara maju dan negara berkembang ?
  3. Apa arti kata negara berkembang ? Apa itu negara maju ?
  4. Jelaskan yang dimaksud negara maju dan negara berkembang !
  5. Apa contoh negara maju dan negara berkembang di dunia ?

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang


Arti negara maju dan negara berkembang adalah :

Pengertian negara maju dan negara berkembang beserta ciri-cirinya – Dunia merupakan tempat tinggalnya manusia. Namun tidak semua tempat tinggal yang ada di dunia memiliki derajat yang sama. Ada yang tinggal di negara maju dan ada pula yang tinggal di negara berkembang. Hidup di negara maju tidaklah sama dengan hidup di negara berkembang, begitu juga sebaliknya. Lalu apa sih sebenarnya pengertian negara maju dan negara berkembang dan contohnya itu ?

Pengertian negara maju adalah negara yang memiliki standar kehidupan yang tinggi dengan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) yang juga relatif tinggi disertai dengan kemajuan teknologi yang tinggi dan pembagian ekonomi yang merata. Negara maju memiliki angka pertumbuhan penduduk sekitar 0,4 persen per tahun. Angka kematian bayi juga sangat rendah yakni hanya 8/1000 orang, ini disebabkan karena majunya bidang kedokteran di negara maju. Usia harapan hidup hingga 79 tahun dan angka ketergantungan hanyalah 20 persen saja.

Mengapa bisa maju sih? Karena 46 persen dari hasil PNB digunakan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan berbagai pelayanan sosial. Misalnya mendirikan sekolah, membangun perpustakaan, sarana dan prasarana umum, rumah sakit, pemberian asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Oh ya, di negara maju hampir tidak terdapat pengangguran lho! Bukan seperti di negara berkembang. Pasalnya orang yang menganggur tetap akan mendapat biaya hidup dari pemerintah. Rugi dong pemerintah, penduduknya nggak ngelakuin apa-apa, tapi dapat uang? Maka dari itu pemerintah senantiasa menyediakan lapangan pekerjaan jenis apapun itu asalkan semua penduduknya bekerja.

Ciri-ciri negara maju adalah sebagai berikut :

  • Memiliki standar hidup yang tinggi.
  • Angka kematian bayi rendah, sedangkan angka harapan hidup tinggi.
  • Kota sebagai pusat persebaran penduduk.
  • Terpusat pada sektor industri dan jasa.

Contoh negara maju adalah: negara di Benua Eropa, Amerika (Kanada dan Amerika), Afrika Selatan, di Benua Asia (Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Singapura, dan Taiwan), Australia, dan Selandia Baru.

Pengertian negara berkembang adalah suatu negara yang memiliki kualitas hidup yang rendah, dan tingkat kesejahteraan masyarakat secara material juga rendah. Rata-rata Pendapatan Nasional Bruto (PNB) di negara berkembang hanyalah USS$ 950, dengan tingkat harapan hidup yang rendah, disertai dengan sarana komunikasi dan transportasi yang terbatas. Belum meratanya pembangunan juga menjadi penyebab mengapa negara berkembang belum bisa maju. Kurangnya keprihatinan pemerintah dan luasnya negara tersebut juga menjadi penyebab utama.

Ciri-ciri negara berkembang adalah sebagai berikut:

  • Standar hidup rendah dengan tingkat PNB yang rendah pula.
  • Angka harapan hidup rendah.
  • Banyak penduduknya yang masih buta huruf.
  • Banyak pengangguran dimana-mana.
  • Angka pertumbuhan penduduk tinggi.
  • Biasanya masyarakatnya terpusat pada sektor pertanian.
  • Tingkat ketergantungan penduduk yang masih tinggi.

Contoh negara berkembang adalah : negara di Benua Afrika kecuali Afrika Selatan, di Benua Eropa (Kosovo, Lithuania, Kosovo, Montenegro, Albania, dsb), di Benua Amerika (Argentina, Peru, Bahama, Bolivia, Guatemala, Honduras, Paraguay, Panama, dsb), di Benua Asia Uzbekistan, Myanmar, Nepal, Pakistan, termasuk Indonesia, dan masih banyak lagi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian negara maju dan negara berkembang beserta contohnya. Semoga kalian bisa memahami perbedaan negara maju dan negara berkembang beserta contohnya ya ! Baca juga pengertian epigrafi 🙂