1. Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan negara sebagai organisasi kekuasaan ?
  3. Apa itu negara sebagai organisasi kekuasaan ?
  4. Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dipelopori oleh siapa ?
  5. Apa perbedaan pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dan organisasi politik ?

Pengertian Negara Sebagai Organisasi Kekuasaan


Arti negara sebagai organisasi kekuasaan adalah :

Pada dasarnya, negara mengandung pengertian sebagai sebuah organisasi atau badan tertinggi yang mempunyai kekuasaan dan kewenangan tersendiri untuk mengatur hubungan antara  manusia dengan masyarakat lainnya dalam arti luas, yang menyangkut kesejahteraan, dan perlindungan serta kecerdasan kehidupan bangsa. Lalu apa pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan?

Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan yaitu negara yang memiliki suatu mekanisme atau tata cara kerja sama yang mengatur tentang bagaimana rakyat harus bersikap dan bertindak sesuai dengan ketetapan yang telah dibuat oleh suatu negara. Untuk dapat mengatur rakyat, maka negara diberi wewenang atau kekuasaan yang isinya berupa paksaan bagi seluruh rakyat agar senantiasa mematuhi semua peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh negara tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak adanya kekuasaan dan tindakan yang sewenang-wenang.

Sedangkan pengertian negara sebagai organisasi politik adalah negara yang di dalamnya terdapat pembagian kekuasaan dan pelaksanaan negara tersebut dilakukan dengan cara pemilu (pemilihan umum).

Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dipelopori oleh Prof. J.H.A. Logemann yang dipublikasikan dalam buku Over De Theorie van Een Stelling Staatsrecht. Dalam buku tersebut dinyatakan bahwa tujuan dari suatu negara adalah untuk mengatur serta membuat sistem organisasi masyarakat dengan kekuasaan tertinggi. (Budiyanto : 1997)

Negara sebagai organisasi kekuasaan memiliki 3 sifat yaitu : sifat memaksa, sifat monopoli dan sifat menyeluruh (all embracing). Sedangkan unsur-unsur sebuah negara antara lain adalah sebagai berikut:

  • Penduduk

Pengertian penduduk adalah warga negara yang tinggal atau mendiami suatu daerah tertentu di dalam suatu negara yang memiliki hak untuk hidup menyatu dengan penduduk lainnya. Penduduk yang dimaksud bisa penduduk pribumi atau penduduk asli Indonesia, bisa juga penduduk asing yang tinggal di Indonesia untuk tujuan tertentu, misalnya pekerjaan.

  • Wilayah

Pengertian wilayah adalah sebuah teritori tertentu yang dikuasai yang menjadi bagian dari suatu kedaulatan. Suatu negara yang berdaulat tidak akan dianggap oleh negara lain tanpa adanya wilayah yang dikuasai. Wilayah ini bisa meliputi darat, laut, dan udara.

  • Pemerintah

Pengertian pemerintah adalah orang yang mempunyai kekuasaan dalam suatu negara untuk menjalankan roda pemerintahan sebagaimana mestinya. Pemerintah adalah pemimpin tertinggi dalam suatu negara.

  • Kedaulatan

Pengertian kedaulatan adalah sebuah kekuasaan untuk menetapkan dan membuat sendiri apa saja peraturan atau Undang-Undang yang akan berlaku, serta tata cara pelaksanaannya.

Di dalam suatu negara juga mengatur atau menetapkan tentang cara atau batasan mengenai penggunaan kekuasaan tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, baik itu secara indivdu, kelompok, golongan, dan asosiasi. Kekuasaan disini tidak boleh disalahgunakan apalagi untuk kepentingan pribadi yang menyangkut soal jabatan, harta, atau apapun itu. Dengan demikian, negara yang baik adalah negara yang senantiasa memperhatikan kebutuhan rakyatnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dan organisasi politik ya ! Baca juga pengertian negara federal dan contohnya 🙂