1. Pengertian nominasi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan nominasi ?
  3. Apa arti kata nominasi ? Apa itu nominasi ?

Pengertian Nominasi Menurut Para Ahli


Arti nominasi adalah :

Istilah nominasi sering kita dengar pada ajang penghargaan yang banyak dihelat di dunia termasuk di Indonesia. Misalnya perhelatan Ajang Film Festival Indonesia, Panasonic Awards, American Music Awards (AMA), Kids Choices dan masih banyak lagi jenisnya. Ajang tersebutlah yang memperkenalkan kita pada istilah “nominasi” ini. Penghargaan ini biasanya diberikan oleh sektor pemerintah maupun sektor swasta yang ada pada negara yang bersangkutan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) nominasi memiliki arti (1) pengusulan atau pengangkatan sebagai calon; pencalonan (2) yang dicalonkan. Dalam bidang keuangan (menurut peraturan OJK), pengertian nominasi adalah suatu pengusulan seseorang untuk diangkat menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris ataupun anggota Direksi.

Sedangkan dalam pengertian umum, pengertian nominasi adalah sesuatu yang digunakan untuk menyebutkan pengusulan seseorang yang pantas atau segala sesuatu yang berhak untuk meraih penghargaan tersebut. Kita tentu akan sangat bangga jika kita didaulat sebagai salah satu nominasi dalam perhelatan sebuah acara.

Contoh nominasi :

Di Indonesia, dalam Ajang Festival Film Indonesia (FFI) yang dihelat kira-kira sebulan yang lalu tepatnya pada tanggal 6 November 2016 yang bertempat di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Sebelum penyelenggaraan FFI ini pastinya sudah ada komite yang bertugas untuk menyeleksi film mana atau siapa saja orang yang layak dinobatkan masuk ke dalam nominasi yang terbaik dan berhak untuk menerima penghargaan tersebut.

Kandidat tersebut dipilih berdasarkan akting yang ia lakukan, dan dicalonkan bukan mencalonkan. Sebelum pemberian penghargaan, komite telah bekerja keras untuk menentuka siapa yang terbaik dari yang terbaik. Pemenangnya ditentukan berdasarkan jumlah poling atau suara yang terbanyak yang diberikan masyarakat terhadap seorang kandidat.

Pembacaan nominasi pada umumnya:

Untuk kategori aktris pria terfavorit, nominasinya adalah ……….. (jreng-jreng). Mari kita lihat bersama, ini dia nominasinya …….

Di Amerika sendiri, ada Academy Awards atau Piala Oscar. Ajang ini termasuk ajang penghargaan film layar lebar paling bergengsi di dunia. Film yang masuk dalam kategori ini termasuk film yang berkelas dan diakui di dunia. Aktor yang berperan di dalamnya biasanya juga aktor atau aktris kelas atas yang kemampuan aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Contoh aktor yang sering masuk nominasi Piala Oscar ini adalah Johnny Depp, Tom Cruise, dan si tampan Leonardo DiCaprio.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi nominasi & contoh nominasi. Semoga kalian bisa memahami pengertian nominasi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian renumerasi 🙂