1. Pengertian nominator dan nomine itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan nominator dan nomine ?
  3. Apa arti kata nominator ? Apa itu nomine ?
  4. Apa perbedaan kata nominator dan nomine ?
  5. Apa contoh kalimat nominator dan nomine ?

Pengertian Nominator dan Nomine Menurut Para Ahli


Arti nominator dan nomine adalah :

Ada banyak jenis penghargaan yang ada di jagad raya ini. Perhelatan penghargaan tersebut membuat kita mengenal dua istilah penting yaitu nominator dan nomine. Kita sering menemui adanya kesalahan dalam pemakaian kedua istilah tersebut. Hal tersebut membuatnya sedikit kacau dan membuat kita menjadi bingung sebenarnya mana dari kedua istilah tersebut yang penggunaannya benar atau tidak.

Kesalahan yang sering terjadi ketika “seseorang menyebutkan dirinya sebagai nominator dalam suatu film” padahal penggunaan istilah tersebut tentu saja salah. Atau bahkan dalam surat kabar dan majalah, kita dengan bangga menuliskan kata tersebut padahal artinya salah. Lalu mana dong yang benar? Mulai bingung deh kan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) nominator memiliki arti “orang yang mencalonkan atau mengusulkan. Jadi singkatnya, pengertian nominator adalah orang yang mengusulkan seorang kandidat untuk bisa menjadi pemenang. Sedangkan untuk pengertian nomine adalah “orang yang diunggulkan”. Jadi sudah jelas ya pada kasus di atas, ia lebih cocok dkatakan sebagai nomine atau orang yang dicalonkan atau diunggulkan untuk menerima penghargaan daripada nominator. Jadi sudah jelas kan perbedannya.

Contoh dalam kalimat : Para nominator sudah memilih beberapa nomine yang disusun dalam daftar nominasi penghargaan Festival Film Pendek Terbaik tahun ini.

Meski sudah dijelaskan, penggunaan istilah ini masih saja digunakan salah kaprah dengan berpikiran bahwa kedua istilah tersebut sama saja. Mau nominator ataupun nomine sama saja dah, yang penting hampir mirip. Duh, ini nih perbedaan lainnya bisa langsung kita lihat dari intografik pembacaan penghargaan itu sendiri seperti “nominator aktor terbaik adalah …..” dan “nomine aktor terbaik adalah …..” serta “nominator musik terbaik adalah …..” dan “nomine musik terbaik adalah ……” sudah bisa membedakan? Kalau belum bisa coba ulang-ulang lagi deh supaya perbedaannya kelihatan dengan jelas.

Untuk mengatasi kesalahan dalam penggunaan kedua istilah tersebut, sekarang sudah mulai dipakai istilah baru yaitu istilah “yang diunggulkan”. Tentu saja penggunaan istilah ini akan semakin membantu kita untuk memahami istilah yang benar, mengurangi kekeliruan dalam menelaah maksud dari suatu kata, tentunya membuat kita tidak salah dalam penggunaannya :p


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian nominator dan nomine. Semoga kalian bisa memahami perbedaan kata nominator dan nominepenggunaan kata nominator dan nomine secara umum ya ! Baca juga pengertian nominasi dan contoh 🙂