1. Pengertian npwp dan nppkp itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan npwp dan nppkp ?
  3. Apa itu npwp dan nppkp ?
  4. Apa fungsi npwp dan nppkp / manfaat npwp dan nppkp ?
  5. Apa perbedaan npwp dan nppkp?

Pengertian NPWP dan NPPKP


Arti npwp dan nppkp adalah :

Pengertian NPWP dan NPPKP – Jika berkaitan dengan penghasilan, baik itu berkaitan dengan penghasilan pribadi maupun pengusaha, tidak terpisahkan dengan namanya pemungutan pajak, yang harus dibayarkan ke Negara. Sebenarnya apa persamaan dan perbedaan NPWP dan NPPKP? Dan apa manfaat kepemilikan NPWP dan NPPKP? Berikut ini, akan diuraikan pengertian serta manfaat NPWP dan NPPKP.

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Secara umum, pengertian NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak pribadi atau badan usaha sebagai tanda pengenal diri atau bukti sebagai peserta wajib pajak, dalam melakukan hak dan kewajiban perpajakkannya. Dan bagi setiap orang yang telah mendaftarkan diri, baik secara pribadi maupun badan usaha serta memiliki NPWP, ini merupakan salah satu hal ketaatan kita terhadap pajak negara.

NPWP terdiri dari 15 angka, contohnya: 12.345.789.0-214.000. Masing-masing kode angka tersebut memiliki arti yaitu:

  1. Dua angka pertama, merupakan Kode Kelompok Wajib Pajak.
  2. Enam angka berikutnya, merupakan Nomor Pajak.
  3. Satu angka berikutnya, merupakan Kode Pengecekan.
  4. Setelah Kode Pengecekan, 3 angka berikutnya merupakan Kode Kantor Pelayanan Pajak.
  5. Dan 3 angka terakhirnya merupakan Kode Pusat atau Cabang.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan pengenalan arti nomor pada NPWP.

Lalu apa itu istilah NPPKP? NPPKP merupakan singkatan dari Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. Pendek kata, pengertian NPPKP adalah nomor identitas pengusaha yang merupakan wajib pajak.

Setiap pengusaha harus melaporkan dan mendaftarkan serta dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP), mendapatkan NPPKP yang akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Berdasarkan Undang-Undang PPN, sebagaimana PKP memiliki Surat Pengukuhan Kena Pajak, yang terdiri dari identitas dan kewajiban perpajakannya.

Manfaat NPWP dan NPPKP adalah sebagai sarana dalam memenuhi hak dan kewajiban terhadap perpajakannya. Perbedaannya adalah, NPWP digunakan sebagai identitas wajib pajak pribadi atau badan usaha, yang hanya diberikan satu NPWP dalam ketertiban pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakannya. Sedangkan NPPKP digunakan sebagai identitas wajib pajak pengusaha, yang dikukuhkan sebagai Pengusaha Wajib Pajak (PKP) dalam ketertiban memenuhi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai Undang- Undang PPN.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian NPWP dan NPPKP serta manfaatnya (pengertian dan fungsi NPWP dan NPPKP). Semoga kalian bisa memahami persamaan dan perbedaan npwp dan nppkp secara umum ya ! Baca juga pengertian pantun jenaka 🙂