1. Pengertian numismatik itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan numismatik ?
  3. Apa arti kata numismatik ? Apa itu numismatik ?
  4. Apa yang dimaksud dengan ilmu numismatik ?
  5. Apa manfaat numismatik ?

Pengertian Numismatik Dalam Sejarah


Arti numismatik adalah :

Sejarah adalah suatu peristiwa yang sudah lama terjadi yang kini hanya menyisakan cerita saja. Manfaat yang diberikan juga tidak terlalu banyak kalau dipikir-pikir, toh sejarah, kejadian masa lalu. Pengungkapan bahwa suatu peristiwa benar-benar pernah terjadi dapat kita lihat dari bukti atau peninggalannya yang ada di negara kita, seperti bangunan, patung, candi, kertas, alat tukar yang berupa uang koin dan uang kertas.

Pengertia numismatik dalam sejarah adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang mata uang mulai dari zaman dulu kala hingga sekarang. Ilmu numismatik ini mempelajari sejarah mata uang itu sendiri, bagaimana cara pembuatannya, bentuk pemalsuannya, variasinya, ciri-ciri mata uang tersebut, dan bagaimana sejarah politik hingga terbentuknya mata uang tersebut.

Dari peninggalan sejarah, mata uang tertua berasal dari peninggalan Yunani sekitar tahun 700 BC (Before Century atau Sebelum Masehi). Mata uang sendiri, jika dilihat dari bahan yang digunakan terbuat dari emas, perak, aluminium, tembaga, dan kertas. Namun pada saat ini, sebagian besar negara telah bisa membuat mata uangnya sendiri dengan menggunakan bahan kertas dan logam. Seperti Bank Indonesia sebagai pembuat uang rupiah.

Seiring zaman, penggunaan istilah numismatik pun juga mulai berkembang. Di masa sekarang, pengertian numismatik lebih menjurus ke arah pengkoleksian uang. Singkatnya, numismatis adalah hobi mengoleksi uang kuno baik itu uang kertas ataupun uang koin / logam. Pengertian numismatik kini menjadi sebuah kegiatan ataupun studi dalam mengumpulkan mata uang, termasuk koin, uang kertas, token, dan benda-benda terkait lainnya.

Ternyata mengoleksi uang dari zaman dulu hingga sekarang (numismatik) banyak manfaatnya lho! Manfaat apa saja yang akan diperoleh?

  • Dibuat menjadi album, jadi uang tersebut dimasukkan ke album agar lebih tertata rapi. Saat dibuka dan hendak dipelajari juga menjadi semakin enak, apalagi mata uang tersebut disusun dari yang tertua hingga termuda.
  • Dapat dijadikan sebagai edukasi atau ilmu pengetahuan.
  • Dapat digunakan sebagai hadiah atau alat tukar terhadap teman, untuk mendapatkan koleksi terbaru.
  • Dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk menulis atau membuat lukisan yang bermutu
  • Dapat dijadikan investasi. Siapatau aja ada pelelangan uang kuno, maka koleksi mata uangmu bisa kamu jual dan meraup keuntungan yang tinggi karena harganya melambung naik.

Kelima manfaat tersebut akan kamu dapatkan jika kamu ulet dan memang menjaga keaslian dari mata uang tersebut. Semakin lengkap seri mata uang yang kamu punya, maka koleksi kamu akan semakin bernilai dan berkualitas. Jadilah seorang numismatik sejati! Jangan setengah-setengah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian numismatik dalam sejarah. Semoga kalian bisa memahami pengertian numismatik sejarah secara umum ya ! Baca juga pengertian syukur nikmat 🙂