1. Pengertian paganisme itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan paganisme ?
  3. Apa arti kata paganisme ? Apa itu paganisme ?
  4. Apa itu paganisme dalam Islam & paganisme dalam Kristen ?

Pengertian Paganisme Menurut Para Ahli


Arti paganisme adalah :

Sudah pernah dengar kata “paganisme” belum? Kalau sudah jelas kamu sudah mengetahui apa arti dari kata tersebut. Paganisme merupakan perihal untuk seseorang yang tidak beragama yang sudah ada sejak dulu sebelum masuknya agama seperti sekarang ini (Islam, Katolik, Kristen, dan lain sebagainya). Lebih tepatnya pengertian paganisme ini berarti agama yang dianut oleh orang-orang zaman dahulu dimana agama (seperti sekarang ini) belum ada masuk dalam kehidupan mereka.

Seperti yang kita ketahui, namanya zaman dulu dimana apa-apa masih kuno belum selengkap seperti sekarang ini jadi konsep kepercayaannya masih bersifat politheisme yang berarti di dunia ini ada banyak Tuhan tidak hanya satu saja.

Pendek kata, pengertian paganisme adalah kepercayaan ataupun praktek spiritual penyembahan terhadap berhala. Para pengikut ajaran paganisme & ritual paganisme ini disebut dengan “Pagan”. Pada zaman kuno dahulu, para pagan ini meyakini bahwa terdapat lebih dari satu dewadan dewi. Nah untuk menyembah dewa dan dewi inilah mereka menyembah patung (berhala).

Kepercayaan ini memiliki kontroversi hingga sekarang, mengapa? Seperti yang kita ketahui bahwa Tuhan Yang Esa adalah Yang Maha Tinggi yang posisinya tidak bisa disamakan dengan yang lainnya yang ada di bumi ini. Kekuatannya juga tidak bisa ditandingi karena Dia lah yang menciptakan dan menguasai seluruh isi bumi dan jagad raya ini. Tuhan hanyalah satu dan tidak terbagi-bagi.  Kuasanya mutlak, jika Ia murka maka seluruh isi bumi bisa lenyap seketika hanya dengan menjentikkan jari saja.

Kelompok paganisme ini keberadaannya sangat rahasia dan struktur keanggotaannya bersifat misterius. Sebelum abad ke-20, belum ada seorangpun di dunia ini yang mengakui dirinya adalah seorang pagan. Pada abad ke-19, paganisme kembali diadopsi oleh sekelompok anggota seni yang terinspirasi oleh dunia kuno.

Pada abad ke-20, paganisme juga kembali digunakan oleh para praktisi gerakan keagamaan sebagai bentuk deskripsi diri mereka sendiri yang dinamakan pagan kontemporer. Pengetahuan mengenai pagan ini didapatkan dari bukti sejarah kuno dalam dunia klasik seperti peninggalan antropologis, artefak-artefak kuno, dan berbagai laporan sejarah yang dituliskan oleh beberpa penulis kuno. Hingga sekarang paganisme masih digunakan pada beberapa pagan dari Eropa modern yang menyebut aliran ini sebagai paganisme modern atau kontemporer.

Saat ini, paganisme diartikan oleh umat Kristen sebagai bentuk suatu hedonisme, mempraktikkan hal yang berhubungan dengan seksual, pemuasan diri sendiri, matrealistis, acuh tak acuh pada masa depan, dan tidak adanya ketertarikan terhadap agama pada umumnya.

Adapun dewa yang diakui oleh kaum pagan, antara lain:

  • Anubis (sering kita dengar istilahnya) digambarkan sebagai dewa kematian
  • Bast digambarkan sebagai dewi kucing atau dewi kesuburan. Kucing sering dijadikan sebagai hewan yang dipuja pada zaman mesir kuno
  • Hathor artinya dewi pelindung wanita yang menggambarkan kasih sayang layaknya seorang ibu.
  • Geb artinya dewa bumi. Namanya saja sudah dewa bumi, berarti ia memiliki kuasa atas keseluruhan isi bumi pada zaman Mesir kuno.

Beberapa peninggalan sejarah seperti megalit diyakini masih memiliki makna religius, seperti paganisme.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian paganisme & sejarah paganisme. Semoga kalian bisa memahami pengertian paham paganisme secara umum ya ! Baca juga pengertian paguyuban dan patembayan 🙂