1. Pengertian pandangan hidup bangsa Indonesia itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pandangan hidup bangsa ?
  3. Apa arti penting pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ?
  4. Apa itu pandangan hidup bangsa Indonesia ?
  5. Apa kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia ?

Pengertian Pandangan Hidup Bangsa Dalam Pancasila


Arti pandangan hidup bangsa indonesia adalah :

Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia yang telah ditetapkan saat sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945 silam. Saat ini umur negara Indonesia sendiri hampir mencapai 72 tahun pada tahun 2017 nanti. Selain sebagai landasan berdirinya negara Indonesia, ternyata pancasila juga memilki fungsi lain yaitu pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai jiwa bangsa, kepribadian bangsa, cita-cita bangsa, dan pancasila sebagai sumber hukum bangsa Indonesia. Tak jarang juga pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa.

Pengertian pandangan hidup bangsa Indonesia adalah hal-hal yang dijadikan sebagai pedoman atau pegangan saat bertindak dalam kehidupan sehari-hari, yang harus dipatuhi oleh masyarakat demi tercapainya kehidupan sebagaimana yang telah dicita-citakan sebelumnya. Negara yang mempunyai pandangan hidup, secara perlahan akan mampu untuk tujuan kehidupan sebagaimana terkandung dalam pandangan hidup tersebut.

Pendek kata, pengertian pandangan hidup bangsa adalah suatu bentuk kristalisasi nilai-nilai luhur yang diyakini akan kebenarannya dan diwujudkan dalam segala aspek perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dengan pandangan hidup yang jelas, maka suatu negara akan mampu untuk memecahkan berbagai macam persoalan yang terjadi baik itu masalah yang menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya, agama, dan lain sebagainya. Pandangan hidup ini semakin dibutuhkan karena tingkat globalisasi yang bertumbuh semakin pesat diikuti dengan semakin maju dan modern-nya masyarakat zaman sekarang.

Dalam pandangan hidup bangsa juga terkandung nilai atau gagasan untuk membantu mewujudkan kehidupan sebagaimana yang telah dicita-citakan. Dalam Pancasila, arti penting pandangan hidup bangsa Indonesia terkandung dalam sila-sila Pancasila tersebut diantaranya:

  • Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa)

Menyatakan bahwa setiap warga negara berhak untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing serta melaksanakan ibadat sesuai dengan agama yang diakuinya.

  • Sila Kedua (Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab)

Menyatakan bahwa setiap warga negara harus menghargai satu dengan yang lainnya, dan memperlakukan mereka secara adil tanpa pilih kasih.

  • Sila Ketiga (Persatuan Indonesia)

Menyatakan bahwa sebagai warga negara kita harus hidup menyatu tanpa adanya perpecahan antara satu dengan yang lainnya. Menghargai setiap perbedaan yang ada (seperti: suku, ras, bahasa, budaya, dan lain sebagainya) dan tidak membuat perbedaan menjadi awal untuk terpecah belah, melainkan dengan adanya perbedaan tersebutlah kita semakin hidup bersatu dengan rukun.

  • Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan)

Menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan bersama dapat kita wujudkan melalui musyawarah, bukan melalui keputusan sepihak untuk kepentingan pribadi melainkan untuk kepentingan bersama.

  • Sila Kelima (Kaadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia)

Menyatakan bahwa kita selaku warga negara harus menciptakan keadilan di tengah-tengah pergaulan masyarakat. Selain itu, kita juga akan mendapatkan perlakuan yang sama atau adil di depan hukum.

Manfaat pandangan hidup bangsa yaitu :

  • Sebagai tujuan, dengan mengetahui tujuan yang jelas untuk menuntun kita ke arah yang dicita-citakan.
  • Sebagai pemecahan masalah, dengan pandangan hidup maka kita akan berpikir secara rasional dalam memandang dan menghadapi masalah yang datang.
  • Untuk membangun diri, pemecahan masalah yang sukses dilaksanakan diharapkan akan mampu membuat diri kita semakin berkembang dan maju.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pandangan hidup bangsa. Semoga kalian bisa menjelaskan kedudukan dan fungsi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan ideologi nasional ya ! Baca juga pengertian penduduk usia produktif dan nonproduktif 🙂