1. Pengertian pemasaran global dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pemasaran global ?
  3. Apa tujuan utama dari pemasaran global ?
  4. Apa itu pemasaran global ? Apa manfaat pemasaran global ?
  5. Apa contoh pemasaran global di perusahaan ?

Pengertian Pemasaran Global Menurut Para Ahli

Arti pemasaran global adalah :

Pengertian pemasaran global adalah suatu proses untuk memfokuskan berbagai sumber daya (seperti SDM, modal uang ataupun aset fisik) dan berbagai tujuan dari suatu organisasi perusahaan lainnya untuk menanggapi ancaman pasar global serta memperoleh kesempatan di pasar global. (pengertian pemasaran global menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller: 2008)

Pengertian pemasaran global adalah pemasaran yang seluas dunia dimana peluang pasar akan selalu terbuka bagi semua pelaku usaha. (Basu Swasta : 2009)


Pengertian pemasaran global dan contohnya – Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih dan cepat, pasar pemasaran tidak hanya menjangkau daerah tertentu atau dalam skala nasional saja, tetapi juga menjangkau ruang lingkup global, istilah ini dikenal sebutan “Pemasaran Global”. Pemasaran global adalah salah satu media pemasaran dengan pangsa pasar terbesar, karena jaringannya mencakup sampai ke seluruh dunia.

Hal yang mendorong perusahaan menerapkan sistem pemasaran global adalah :

  1. Tingkat keinginan dan kebutuhan pasar semakin tinggi.
  2. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dunia.
  3. Kecanggihan teknologi yang semakin maju dan cepat.
  4. Jalur pemasaran semakin diperbaharui sehingga semakin maju.
  5. Produk semakin baik dan berkualitas.
  6. Terciptanya perdamaian global.
  7. Terbukanya peluang untuk mengembangkan kapasitas produksi secara global.

Apa manfaat pemasaran global? Apa tujuan pemasaran global ?

Tujuan utama pemasaran global adalah untuk :

  • Meningkatkan potensi laba perusahaan.
  • Meningkatkan pertumbuhan / ekspansi
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan dari ancaman pesaing potensial yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Adapun beberapa manfaat yang didapatkan perusahan dalam pemasaran global adalah sebagai berikut :

  1. Penghematan biaya produksi.

Dalam dunia pemasaran secara global, perusahaan bisa menghemat biaya produksi, seperti:

  • Keleluasaan pemindahan produksi dari satu tempat ke tempat yang lain, sehingga pengeluaran biaya menjadi lebih murah. Seperti Honda (Asia: Thailand, Indonesia)
  • Dalam model produksi yang beraneka ragam, bisa digabungkan menjadi beberapa model saja secara global sehingga akan menghemat biaya produksinya.
  1. Tingkat kualitas produk semakin baik dan tinggi.

Sesuai dengan tingkat kebutuhan pangsa pasar, maka kompetitor akan semakin banyak bermunculan di pasar global. Dengan demikian, untuk bisa sukses dan lebih unggul dari para pesaing maka mau tidak mau kualitas produksi harus ditingkatkan sehingga bisa terciptanya jumlah peminatnya.

  1. Preferensi bagi konsumen semakin meningkat.

Dengan adanya ketersediaan global, service global, dan pengenalan global, maka preferensi konsumen akan semakin meningkat pula. Contohnya seperti berbagai merk dan jenis soft drink dan fast food yang beredar di pasaran saat ini.

  1. Peningkatan teknik pemasaran dalam menghadapi kompetitor.

Semakin besar pangsa pasar, maka semakin tinggi pula tingkat persaingannya dalam pasaran dunia. Jadi, untuk mempertahankan usaha masing-masing, sebagai pengusaha butuh teknik pemasaran yang lebih mantap dari sebelumnya.

Contoh pemasaran global di Indonesia seperti: PT. Unilever Indonesia Tbk. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 5 Desember 1933. PT. Unilever Indonesia Tbk bergerak dalam bidang “Home And Personal Care” dan juga merambah produk makanan serta es krim di Indonesia. Perusahaan ini sudah memproduksikan berbagai produk yang tidak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan juga di tingkat di dunia seperti: Pepsodent, Pond’s, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Rexonna, Rinso, Clear, Vaseline, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dll. Salah satu taktik pemasaran globalnya ada dengan beriklan di TV lokal dan TV nasional secara masif dan intens.

Contoh pemasaran global di perusahaan luar negeri antara lain :

  • Red Bull – Salah satu taktik pemasaran globalnya adalah dengan menjadi host yang mensponsori berbagai ajang olahraga di seluruh dunia seperti Red Bull Indianapolis Grand Prix, Red Bull Air Race di Inggris, Red Bull Soapbox Race di Yordania dsb.
  • Airbnb – Taktik pemasaran globalnya adalah dengan membuat berbagai macam campaign di sosial media sehingga menjadi trending.
  • McDonald – Salah satu contoh taktik pemasaran globalnya adalah dengan membawa cita rasa lokal ke dalam menunya. Contohnya McDonald di Timur Tengah mempunyai cita rasa khas loka yang berbeda dengan cita rasa McDonald Amerika.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pemasaran global dan contohnya. Semoga artikel pemasaran global dan contoh pemasaran global ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian pemasaran langsung dan tidak langsung 🙂