1. Pengertian pemasaran langsung dan tidak langsung itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pemasaran langsung ?
  3. Apa arti pemasaran tidak langsung ? Apa manfaat pemasaran langsung ?
  4. Apa pengertian pemasaran langsung (direct marketing) ?
  5. Apa perbedaan pemasaran langsung dan tidak langsung ?

Pengertian Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung


Arti pemasaran langsung dan tidak langsung adalah :

Dalam dunia pemasaran, ada dua jenis pemasaran, yaitu: pemasaran langsung dan tidak langsung. Apa pengertian saluran pemasaran langsung dan tidak langsung? Berikut pengertian pemasaran langsung dan contohnya.

Pengertian pemasaran langsung (Direct Marketing) adalah suatu metode penjualan dengan menggunakan media pemasaran secara langsung (tanpa adanya pihak perantara pemasaran) dalam transaksi tawar-menawar atau jual-beli atas suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh direct marketing adalah sebagai berikut :

  • Personal selling (penjualan tatap muka langsung)
  • Direct mail marketing (pemasaran lewat email)
  • Catalog marketing (pemasaran lewat katalog atau brosur)
  • Telemarketing
    Direct response television marketing (pemasaran langsung lewat iklan TV)
  • Kios marketing (pemasaran melalui kios)
  • Online marketing

Manfaat pemasaran langsung bagi pelanggan dan perusahaan yaitu:

  • Terciptanya rasa nyaman dan senang serta transaksi yang efektif antara penjual dengan pembeli.
  • Waktunya sangat efisien.
  • Dalam proses tawar menawar produk maupun jasa, penjual bisa menekan pengeluaran biaya penjualan. Serta pemasaran terhadap pembeli atau konsumen bisa terjangkau sesuai tempat pemasaran.
  • Dalam basis data, pembeli atau konsumen merupakan data yang terorganisir atas seluruh data pembeli atau konsumen.
  • Sistem penyalurannya melalui daftar pemasaran dan surat langsung.

Pengertian pemasaran tidak langsung adalah suatu metode penjualan yang menggunakan saluran atau media pemasaran yang bersifat tidak langsung kepada pembeli atau konsumen, bisa melalui promosi iklan, humas (Public Relations), website, blog, dan lainnya. Tujuan pemasaran tidak langsung ini adalah untuk menyentuh pikiran serta perasaan pembeli supaya terjadinya penjualan.

Contoh-contoh pemasaran tidak langsung adalah sebagai berikut :

a) Media Iklan.

Dalam dunia pemasaran, kita sering melihat beranekaragam media iklan, baik itu melalui media cetak maupun elekronik, seperti: Koran, majalah, radio, televisi, internet dan lainnya. Dalam pemasaran produk secara tidak langsung, iklan bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori diantaranya :

  1. Iklan Keluarga.

Iklan keluarga umumnya berisi mengenai berita atau ucapan selamat, seperti: Berita kelahiran, hari ulang tahun individu maupun perbankan atau lembaga keuangan lainnya, ucapan selamat, dan lain-lain.

  1. Iklan Niaga.

Iklan niaga, berisi iklan yang memperkenalkan, menawarkan, dan mempromosikan produk- produk perusahaan kepada masyarakat umum, biasanya melalui radio atau televisi maupun internet.

  1. Iklan Pengumuman.

Iklan Pengumuman merupakan jenis iklan yang isinya bersifat mengumumkan, menyampaikan atau memberi pesan kepada khalayak umum, melalui poster, spanduk, baligo maupun media lainnya.

  1. Iklan Baris.

Iklan Baris, biasanya sifatnya menarik perhatian kepada pembaca berupa iklan jual rumah, iklan jual tanah, iklan lowongan kerja, iklan jual mobil, dan lain- lain.

  1. Iklan Layanan Masyarakat.

Iklan ini isinya bersifat menyampaikan pesan-pesan sosial kepada masyarakat. Seperti: Iklan bahaya merokok, iklan bahaya narkoba, iklan penghematan air dan listrik, dll.

b) Media Humas/Hubungan Masyarakat (Public Relations).

Media Humas ini merupakan media dalam menyebarkan informasi dan berita kepada kalangan masyarkat. Baik itu melalui media cetak, media online, broadcasting, special events, maupun media outdoor.

c) Media Pemasaran Interaktif (Media Online).

Media pemasaran yang banyak cukup digunakan pada saat ini adalah media online seperti: website dan blog. Media pemasaran interaktif seperti ini termasuk jenis pemasaran yang bisa menjangkau masyarakat secara menyeluruh dan bersifat global.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pemasaran langsung dan tidak langsung. Semoga kalian bisa memahami pengertian serta perbedaan pemasaran langsung dan tidak langsung secara umum ya ! Baca juga pengertian girik 🙂