1. Pengertian penduduk musiman dan penduduk sementara itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan penduduk musiman ?
  3. Apa arti kata penduduk musiman ?
  4. Apa itu penduduk musiman dan contohnya ?
  5. Apa pengertian penduduk sementara dan musiman?

Pengertian Penduduk Musiman dan Penduduk Sementara


Arti penduduk musiman dan penduduk sementara adalah :

Pengertian penduduk adalah sejumlah orang yang tinggal atau mendiami suatu daerah tertentu pada suatu negara, contohnya adalah kita. Contoh lainnya, Mita tinggal di Purwokerto maka Mita dapat dikatakan penduduk asli Purwokerto.

Sedangkan pengertian bukan penduduk adalah orang yang tinggal atau mendiami suatu daerah pada negara hanya dalam kurun waktu tertentu, tidak bermaksud untuk tinggal selamanya atau menetap pada daeraj tersebut. Kategori yang termasuk bukan penduduk adalah para pengusaha asing yang tinggal di Indonesia hanya dalam kurun waktu 1 minggu atau berapa pun lamanya, yang penting Ia ke Indonesia hanya dalam urusan bisnis. Setelah bisnisnya usai, maka ia akan kembali ke negara asalnya. Contoh lainnya adalah turis mancanegara yang sedang berlibur ke Indonesia.

Pada umumnya penduduk dibagi atas dua jenis yaitu penduduk musiman dan penduduk sementara. Apa definisi penduduk musiman dan sementara?

  1. Penduduk Musiman

Pengertian penduduk musiman adalah penduduk yang tinggal atau mendiami suatu daerah hanya pada musim tertentu saja dengan maksud dan tujuan tertentu.

Contoh penduduk musiman : Si A adalah penduduk asli Balige, namun ia mempunyai tanah di Brastagi. Sewaktu musim penghujan, ia pergi ke Brastagi untukmelihat dan ikut memanen hasil sawahnya, maka si A dapat di katakan sebagai penduduk musiman.

Untuk menghindari pelanggaran status penduduk, ada baiknya jika A mengurus Kartu Identitas Penduduk Musiman (KIPEM) di kantor RT/RW di Brastagi. Kartu ini dapat digunakan sebagai bukti kalau A hanya tinggal disana hanya pada musim penghujan saja.

Masa berlaku KIPEM adalah satu tahun, namun dapat diperpanjang dengan mengajukan surat permohonan kembali kepada RT/RW setempat. Apabila si A memiliki data perubahan diri maka langsung saja dilaporkan kepada Pemerintah Daerah setempat. Misalnya: status si A yang dulunya single atau lajang, kini telah berubah menjadi sudah menikah, dan sebagainya.

  1. Penduduk Sementara

Pengertian penduduk sementara adalah orang yang tinggal atau mendiami suatu daerah tertentu yang mempunyai tujuan untuk pendidikan, kerjaan, atau hal lainnya dengan tidak bermaksud untuk menjadi penduduk tetap pada daerah yang bersangkutan.

Contoh penduduk sementara : Budi adalah anak yang berprestasi di salah satu universitas yag ada di Palembang. Karena prestasinya ia berhasil mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar di salah satu universitas yang ada di Jawa (misalnya Universitas Gadjah Mada). Ketika Budi memutuskan untuk mengikuti pertukaran pelajar tersebut, ia dapat dikatakan sebagai penduduk sementara. Karena ia tidak akan lama tinggal di Jawa hanya sebatas beberapa bulan ke depan, dan nantinya ia akan kembali lagi ke Palembang untuk meneruskan studinya di salah satu universitas disana.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian penduduk musiman dan penduduk sementara. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian penduduk musiman dan penduduk sementara ya ! Baca juga pengertian apartheid dan contohnya 🙂