1. Pengertian penduduk usia produktif dan nonproduktif itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan penduduk usia produktif ?
  3. Apa itu penduduk usia produktif ?
  4. Apa pengertian penduduk usia non produktif ?
  5. Apa perbandingan penduduk usia produktif dan nonproduktif ?

Pengertian Penduduk Usia Produktif dan Nonproduktif


Arti penduduk usia produktif dan nonproduktif adalah :

Kita sudah tidak asing lagi dengan istilah tenaga kerja. Pengertian tenaga kerja adalah penduduk yang statusnya saat ini berada pada usia kerja atau memiliki pekerjaan tertentu. Atau dengan pengertian lain, tenaga kerja adalah seseorang yang mampu melakukan sejumlah pekerjaan tertentu dengan tujuan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri ataupun kebutuhan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Seseorang dianggap bukan tenaga kerja apabila ia sudah tidak bisa atau tidak mampu lagi untuk melakukan sebuah pekerjaan. Masalah tenaga kerja ini berkaitan dengan komposisi penduduk, yang menyatakan adanya pembagian manusia berdasarkan kelompok umur produktif, belum produktif maupun non produktif. Lalu apa sih perbedaan penduduk usia produktif belum produktif dan nonproduktif itu? Berikut perbandingan penduduk usia produktif dan nonproduktif :

  1. Penduduk Usia Produktif

Pengertian penduduk usia produktif adalah penduduk pada kelompok usia antara 15 hingga 64 tahun. Seseorang masuk dalam usia produktif jika sudah melebihi batasan minimum umur yang ditentukan dan tidak melewati batas maksimum umurnya. Orang-orang yang masih dapat bekerja dengan baik untuk menghasilkan suatu produk dan jasa, dan masih terikat kontrak pekerjaan pada suatu perusahaan dapat dikatakan dia adalah usia produktif.

Ciri-ciri kelompok penduduk usia produktif antara lain:

  • Masih sanggup dan energik untuk bekerja.
  • Masih bisa berkarya.
  • Pekerja keras, dan bekerja dengan cerdas.
  • Memiliki pandangan dan rencana hidup ke depannya.
  • Mandiri.

Contoh kasus: Ani adalah siswa SMA yang sudah berumur 16 tahun. Ia bekerja pada sebuah restoran dengan sistem kerja waktu part time, maka Ani sudah dapat dikatakan sebagai kelompok penduduk usia produktif. Selain sudah mencapai batasan usia minimum, ia juga sudah memiliki pekerjaan.

  1. Penduduk Usia NonProduktif

Pengertian penduduk usia nonproduktif adalah penduduk yang berada pada kelompok usia lebih dari 64 tahun. Orang yang termasuk dalam kelompok ini sudah lanjut usianya dan sudah tidak memungkinkan lagi untuk melakukan sejumlah pekerjaan, karena umur yang sudah menua, tenaga yang sudah berkurang dan tenaga yang sudah tidak sama kuatnya lagi seperti masa muda dulu.

Ciri manusia kelompok usia produktif:

  • Sudah tidak energik.
  • Pandangan ke depannya bukan lagi tentang karir, melainkan bagaimana langkah yang harus ditempuh untuk bisa menikmati masa tua.
  • Bekerja sudah tidak sepertu dulu karena tenaga sudah berkurang dimakan usia.

Contoh kasus: Nenek Dina sudah berumur 65 tahun, memiliki pekerjaan sebagai pengusaha barang antik. Walaupun masih bisa bekerja, nenek Ani sudah termasuk dalam usia nonproduktif karena umurnya yang sudah lebih dari 64 tahun.

  1. Penduduk Usia Belum Produktif

Pengertian penduduk usia belum produktif adalah penduduk yang masih berusia anak-anak yaitu berumur di bawah 15 tahun.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian penduduk usia produktif dan nonproduktif. Semoga kalian bisa memahami perbedaan penduduk usia produktif belum produktif dan nonproduktif secara umum ya ! Baca juga pengertian pertumbuhan penduduk alami 🙂