1. Pengertian peta kadaster itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan peta kadaster ?
  3. Apa arti kata peta kadaster ? Apa itu peta kadaster ?
  4. Apa fungsi peta kadaster / kegunaan peta kadaster ?

Pengertian Peta Kadaster Menurut Para Ahli


Arti peta kadaster adalah :

Peta adalah gambaran dari keseluruhan permukaan bumi baik keadaan alam dan keadaan sosial budaya yang dibuat pada permukaan datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan diwakili dengan simbol tertentu untuk memperjelas bagian dari permukaan bumi.

Peta dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, yakni:

  1. Peta berdasarkan sumber datanya, terbagi atas peta induk, dan peta turunan.
  2. Peta berdasarkan isi yang disajikan, terbagi atas:
  • Peta umum, terdiri dari peta topografi, peta chorografi, dan peta dunia
  • Peta tematik
  1. Peta berdasarkan skalanya, terbagi atas peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta geografi atau peta dunia.

Oke itu hanya sedikit pengenalan saja, langsung cus bahas peta kadaster. Pengertian peta kadaster adalah jenis peta yang skalanya sangat besar, melebihi skala yang terdapat pada peta lainnya. Skalanya 1:100 – 1:5.000. Peta kadaster disebut juga sebagai peta teknik karena menampilkan secara rinci setiap detail yang ada dipermukaan bumi sehingga lebih sering di gunakan dalam keperluan-keperluan teknis yang skala pengerjaannya (proyeknya) besar.

Pada umumnya peta kadaster digunakan untuk menggambarkan peta tanah atau peta di dalam sertifikat tanah. Contoh peta kadaster lainnya bisa dilihat pada peta perencanaan pembangunan jalan raya, pembuatan saluran air pada perusahaan, dan lain sebagainya.

Di luar negeri, salah satu fungsi peta kadaster / manfaat peta kadaster adalah untuk menunjukkan batas-batas dan kepemilikan bidang tanah. Beberapa peta kadaster lainnya seringkali menampilkan rincian tambahan seperti nama kabupaten, nomor sertifikat, posisi struktur yang ada, nama jalan yang berdekatan dsb.

Setelah mengetahui apa itu peta kadaster, tidak afdol jika kita tidak membahas fungsi peta. Biasanya peta dibuat dengan maksud:

  • Sebagai alat bantu untuk menunjukkan letak suatu tempat.
  • Menggambarkan bentuk permukaan bumi.
  • Menjelaskan tentang potensi apa saja yang terdapat pada suatu daerah.
  • Membantu kita untuk mengetahui berapa ukuran suatu daerah atau tempat.
  • Sebagai alat untuk melakukan analisis terkait bentuk atau kenampakan di muka bumi.
  • Sebagai alat untuk mempelajari fenomena yang terjadi di muka bumi.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian peta kadaster. Semoga kalian bisa memahami pengertian peta kadaster dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian khurafat dan contoh 🙂