1. Pengertian pidato persuasif dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud pidato persuasif ?
  3. Apa isi dan fungsi pidato persuasif ?
  4. Apa itu pidato persuasif & tujuan pidato persuasif ?
  5. Bagaimana struktur pidato persuasif / kerangka pidato persuasif ?

Pengertian Pidato Persuasif


Arti pidato persuasif dan contohnya adalah :

Jika ditinjau dari segi jenis pidato, maka pidato itu terbagi menjadi 5 jenis yaitu:

  1. Pidato informatif/instruktif.
  2. Pidato persuasif.
  3. Ppidato argumentatif.
  4. Pidato deskriptif.
  5. Pidato rekreatif.

Dalam uraian ini, kita akan membahas lebih mendalam mengenai Pidato Persuasif.

Pengertian pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, mempengaruhi serta sifatnya mengajak atau membujuk para pendengar, supaya mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut. Dalam teknik penyampaian pidato persuasif ini, isi pidato tersebut harus berlandaskan pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan pidato persuasif yaitu penguatan tanggapan, pembentukan tanggapan, dan pengubahan tanggapan.

Struktur pidato persuasif / kerangka pidato persuasif terdiri dari:

  • Salam Pembukaan.
  • Pendahuluan (gambaran dari isi pidato tersebut).
  • Isi pidato, berupa: maksud dan tujuan, rencana, sasaran dan langkah- langkah atau tindakan.
  • Penutup, berupa: kesimpulan, harapan, pesan dan salam penutup.

CONTOH PIDATO PERSUASIF SINGKAT


Berikut contoh pidato persuasif tentang lingkungan bersih :

Yang terhormat kepada Bapak dan Ibu tamu undangan beserta para hadirin sekalian yang telah hadir dalam pertemuan ini.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, tepatnya tanggal 5 juni 2016. Setiap kita tahu bahwa lingkungan hidup ini sangat penting bagi setiap kita dalam kehidupan sehari-hari, yaitu lingkungan yang bersih dan sehat.

Kebersihan ini, mulai dari kebersihan pribadi, kebersihan tempat tinggal, kebersihan sekolah, kebersihan perkantoran atau tempat kerja, kebersihan lapangan tertutup maupun terbuka dan kebersihan lingkungan luar sekitarnya.

Kebersihan pribadi sering kita jaga dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana dengan kebersihan lingkungan?

Para bapak dan ibu tamu undangan beserta para hadirin yang saya hormati. Dengan adanya peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, mulai saat ini, marilah kita menjaga kebersihan lingkungan mulai dari diri kita masing-masing.

Mulai dari kebiasaan hidup diri kita, seperti: di rumah, buanglah sampah pada tempatnya. Untuk bekas kertas, kantong plastik maupun karet. Itu bisa disimpan dan dipakai ulang. Di lingkungan sekolah, anak-anak sekolah dibimbing untuk membuang sampah pada tempatnya. Di lingkungan kerja, kita juga harus menjaga kebersihan tempat kerja. Menjaga kebersihan, tidak saja hanya terfokus pada sampah. Tetapi butuh pembersihan lingkungan, baik di rumah, sekolah, perkantoran maupun lingkungan sekitar kita.

Jika kita tidak peduli dan tidak menjaga kebersihan lingkungan kita, maka lingkungan kita akan menjadi kotor, rusak bahkan bisa mengundang nyamuk, lalat, tikus dan lainnya yang bisa menyebabkan tersebarnya penyakit sampar.

Para bapak dan ibu tamu undangan serta para hadirin yang saya hormati, sebagaimana pepatah: “Kebersihan Pangkal Kesehatan”, sebagaimana kita menjaga kebersihan baik terhadap pribadi maupun lingkungan, tentu akan terwujudnya kesehatan jasmani  serta mencegah terjadinya penyakit sampar, bukan?

Oleh sebab itu, marilah kita menjaga kebersihan, mulai dari diri kita sendiri maupun terhadap lingkungan hidup kita, sehingga bisa terciptanya pola dan kebiasaan hidup dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

Demikianlah, yang ingin saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada tutur kata yang salah ucapkan, mohon maaf sebesar-besarnya.

Sekian, terima kasih.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pidato persuasif dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian pidato persuasif dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian PVC 🙂