1. Pengertian piramida penduduk muda (expansive) itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan piramida penduduk muda ?
  3. Apa arti piramida penduduk muda ?
  4. Apa itu piramida penduduk muda ?
  5. Piramida penduduk muda pada suatu negara menunjukkan apa ?

Pengertian Piramida Penduduk Muda


Arti piramida penduduk muda adalah :

Pengertian piramida penduduk muda (expansive) adalah salah satu jenis Piramida Penduduk, dimana terdiri dari grafik batang sisi kiri (laki- laki)  dan sisi kanan (perempuan) pada sumbu horizontal menunjukan jumlah perkembangan penduduk dan sumbu vertikal menunjukan usia penduduk, mulai dari usia nol sampai usia di atas 65 tahun baik secara absolut maupun relatif dalam skala tertentu. Piramida penduduk muda berbentuk segitiga atau kerucut seperti pada gambar di bawah ini.

pengertian piramida penduduk muda (expansive) gambar piramida penduduk muda dewasa tua

Piramida penduduk muda digunakan untuk menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan penduduk mulai dari usia nol tahun (mulai dari bawah grafik) hingga usia di atas 65 tahun (bagian atas grafik) dalam jangka waktu 1 tahun, bahkan 5 tahun.

Lalu piramida penduduk muda menunjukkan apa pada suatu negara? Piramida penduduk muda menunjukkan bahwa suatu negara sedang mengalami pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dimana mayoritas penduduknya berusia muda. Bentuk piramida penduduk muda (expansive) menyerupai bentuk segitiga dikarenakan tingginya angka kelahiran sehingga suatu negara akan mengalami pertumbuhan penduduk yang sangat cepat.

Piramida penduduk muda (expansive) ini kebanyakan dimiliki oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Afrika, dan India.

Sebenarnya, Piramida Penduduk Muda merupakan salah satu jenis piramida penduduk yang menyampaikan informasi penting, sebagai berikut:

  1. Jumlah Angka Kelahiran semakin bertumbuh, sehingga bertambahnya jumlah penduduk baru, baik dari segi penduduk laki- laki maupun perempuan.
  2. Rasio perbandingan antara jumlah penduduk laki- laki dengan jumlah penduduk perempuan.
  3. Penggolongan penduduk berdasarkan usia secara berkala, maka terjadinya pengelompokan antara anak- anak, orang dewasa dan orang yang telah lanjut usia (lansia).
  4. Jumlah produktif penduduk dalam pekerjaan.
  5. Jumlah lapangan kerja yang dibutuhkan oleh penduduk.
  6. Kebutuhan penduduk dalam sarana dan prasarana pendidikan.
  7. Perkiraan jumlah kelahiran yang akan datang.
  8. Perkiraan jumlah kematian yang terjadi pada penduduk.

Demikianlah penjelasan mengenai arti dan tujuan dari Piramida Penduduk Muda (Expansive). Selain piramida penduduk muda (expansive), ada 2 jenis piramida penduduk lainnya yaitu: Piramida Penduduk Dewasa (Stasioner) dan Piramida Penduduk Tua (Constructive).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian piramida penduduk muda (expansive). Semoga kalian bisa memahami perbedaan & pengertian piramida penduduk muda dewasa dan tua secara umum ya ! Baca juga pengertian pasar modal dan contohnya 🙂