1. Pengertian pithecanthropus erectus itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pithecanthropus erectus ?
  3. Apa arti pithecanthropus erectus ? Apa itu pithecanthropus erectus ?
  4. Pithecanthropus erectus ditemukan di daerah mana ?
  5. Pithecanthropus erectus hidup pada zaman apa ?

Pengertian Pithecanthropus Erectus Beserta Gambarnya


Arti pithecanthropus erectus adalah :

Pengertian Pithecanthropus Erectus adalah salah satu fosil manusia purba, yang disebut juga Homo Erectus Paleojavanicus (Istilah Manusia Jawa dalam bahasa Indonesa) merupakan jenis Homo Erectus yang ditemukan pertama kali oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup pada masa pleistosen awal, pleistosen tengah, dan pleistosen akhir.

pengertian pithecanthropus erectus beserta gambarnya

Pithecanthropus Erectus ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 189o di Trinil. Istilah Pithecanthropus Erectus ini, berasal dari bahasa yunani dan bahasa latin, yang memiliki arti: manusia-kera yang dapat berdiri atau manusia kera yang berjalan. Penemuan jenis fosil manusia purba ini, hanya ketemu beberapa bagian fosilnya, berupa tempurung tengkorak, bagian tulang paha atas dan tiga giginya saja. Dan sampai saat sekarang, belum bisa dipastikan bukti yang jelas bahwa tiga bagian dari fosil tersebut merupakan satu spesis yang sama.

Tetapi, pada tahun 1936 terdapat penemuan baru fosil manusia purba yang ditemukan oleh Gustav Heinrich Ralph Von Koenigswald, seorang ahli ilmu paleontologi dari Berlin. Besarnya tempurung tengkoraknya berukuran 815 cc, lebih kecil dari penemuan sebelumnya oleh Eugene Dubois. Dimanakah fosil manusia purba ini ditemukan? Yaitu di Indonesia, tepatnya di pulau jawa tengah, desa Sangiran, yang letaknya 18 KM Ke arah utara dari kota Solo.

Di desa Sangiran inilah dilakukan penggalian untuk pencarian fosil manusia purba dari tahun 1936 hingga 1941. Dalam kurun waktu tersebut terdapat penemuan fosil lainnya yaitu 50 fosil Meganthropus Palaeo dan Pithecanthropus Erectus atau Homo Erectus. Penemuan ini sangat mendukung dalam ilmu mengenai evolusi manusia.

Selain desa Sangiran, ada juga tempat penemuan fosil lainnya yang bernama Lembah Celah Besar (Great Rift Valley) yang terletak di Afrika Timur. Tempat tersebut telah ditemukan oleh John Walter Gregory dalam penemuan fosil manusia berupa tulang-tulang nenek moyang hominid manusia. Dan ada juga  tulang-belulang australopithecine yang berusia 3 juta tahun yang lalu, ditemukan oleh Donald Johanson.

Penemuan-penemuan fosil manusia purba ini, sangat mendukung  Teori Evolusi untuk Charle Darwin dan Alfred Russel Wallace. Fosil manusia purba tertua yang ditemukan adalah oleh  Eugene Dubois dan G. H. R Von Koenigswald. Banyak Ilmuwan pada saat itu juga menyatakan bahwa Manusia Jawa  mungkin merupakan mata rantai yang hilang diantara manusia kera dan manusia modern sekarang.

Ciri ciri Pithecanthropus Erectus adalah sebagai berikut :

  • Tinggi badan sekitar 160 s/d 180cm.
  • Berat badan sekitar 80 s/d 100kg.
  • Hidup sekitar 500ribu s/d 1juta tahun yang lalu.
  • Besar volume otak sekitar 900cc.
  • Bentuknya menyerupai kera.
  • Dahi miring ke belakang dan muka menonjol ke depan.
  • Bentuk hidung agak tebal.
  • Ada tonjolan di kening.
  • Punya rahang yang sangat kuat.

Manusia purba pithecanthropus erectus hidup pada masa


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pithecanthropus erectus beserta gambarnya. Semoga kalian bisa memahami jenis pithecanthropus & ciri ciri pithecanthropus erectus secara umum ya ! Baca juga pengertian pidato persuasif dan contohnya 🙂