1. Pengertian pithecanthropus mojokertensis itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pithecanthropus mojokertensis ?
  3. Apa arti pithecanthropus mojokertensis ?
  4. Apa itu pithecanthropus mojokertensis ?
  5. Pithecanthropus mojokertensis ditemukan dimana ?

Pengertian Pithecanthropus Mojokertensis


Arti pithecanthropus mojokertensis adalah :

Pengertian Pithecanthropus Mojokertensis adalah jenis fosil manusia purba yang diselidiki oleh Gustav Heinrich Ralph Von Koenigswald pada tahun 1936 – 1941 di Mojokerto, Jawa Timur. Jenis fosil manusia purba yang ditemukan berupa tulang tengkorak anak-anak. Penemuan jenis fosil manusia purba ini diperkirakan usianya lebih tua dibanding dengan jenis fosil manusia purba lainnya. Dan penemuan ini diselidiki kembali oleh Teraa dan Movius pada tahun 1938.

Sesuai penulisan buku Sejarah Nasional Indonesia I oleh Marwati Djoened Poesponegora dan Nugroho Notosusanto tahun 2008, Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan oleh R. Tjokrohandjojo di Perning, sebelah utara Mojokerto pada tahun 1936. Dimana pada waktu itu R. Tjokrohandjojo yang bekerja untuk bagian geologis asal belanda, Johan Duyfjes, menemukan fosil manusia purba tengkorak anak- anak. Umur fosil manusia tersebut diperkirakan dua juta tahun yang lalu. Penemuan fosil ini merupakan penemuan yang sangat penting karena penemuan ini terdapat pada lapisan tanah Plestosen bawah.

Pithecanthropus Mojokertensis disebut juga dengan Pithecanthropus Robustus, yang terdiri dari kata: Pitheciane artinya kera, Anthropos artinya manusia dan Robustus artinya kuat. Jadi, Pithecanthropus Robustus berarti manusia kera yang sangat kuat. Sesuai penelitian ilmu Tipologi, Pithecanthropus Mojokertensis ditemukan pada lapisan tanah plestosen tengah dan juga pada lapisan plestosen bawah.

Apa ciri ciri manusia purba Pithecanthropus Mojokertensis ? Ciri fisik Pithecanthropus Mojokertensis adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai bentuk badan yang tegap.
  • Tinggi badan diperkirakan antara 165 cm hingga 180 cm.
  • Tulang raham dan gigi gerahamnya kuat.
  • Bagian keningnya menonjol dan melintang sepanjang pelipis.
  • Hidung melebar dan tidak memiliki dagu.
  • Ukuran tempurung tengkoraknya, sekitar 750 hingga 1.300 cc.
  • Tulang tengkoraknya tebal dan berbentuk melonjong.

Apa hasil kebudayaan pithecanthropus mojokertensis? Peninggalan sejarah Pithecanthropus Mojokertensis berupa kapak perimpas, kapak penetak, kapak genggam, pahat genggam, alat serpih dan alat-alat tulang. Dari peninggalan sejarah ini, bisa diperkirakan dulu manusia purba Pithecanthropus Mojokertensis termasuk makhluk hidup pemakan daging. Selain itu, mereka juga memakai tulang-tulang binatang sebagai peralatan.

Sampai saat ini, peninggalan sejarah ini merupakan bukti sebagai budaya asli dari Pithecanthropus Mojokertensis. Dan berkas-berkas peninggalan ini dianalisa oleh para ilmuwan sejarah serta disimpan dalam museum sejarah dunia.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian Pithecanthropus Mojokertensis. Semoga kalian bisa memahami pengertian Pithecanthropus Mojokertensis dan ciri-cirinya secara umum ya ! Baca juga pengertian pithecanthropus erectus 🙂