1. Pengertian politik mercusuar dan hasil pembangunannya itu apa sih ?
  2. Apakah yang dimaksud politik mercusuar dan sebutkan hasil pembangunannya !
  3. Apa arti kata politik mercusuar ? Apa itu politik mercusuar ?
  4. Apa tujuan politik mercusuar pada masa demokrasi terpimpin ?
  5. Apa dampak positif dan negatif politik mercusuar bagi Indonesia ?

Pengertian Politik Mercusuar


Arti politik mercusuar adalah :

Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 bukan sepenuhnya menyatakan bahwa saat itu juga Indonesia merdeka. Dapat dibuktikan dari adanya perlawanan yang masih dilakukan oleh pihak penjajah terhadap Indonesia. Perlawanan tersebut dilakukan karena penjajah belum mau menerima kekalahan, dan masih mau menguasai Indonesia karena hasil alamnya yang banyak membawa keuntungan bagi para penjajah. Begitu juga dengan politiknya, masih saja mendapat banyak pertentangan dari luar negeri karena Indonesia yang berstatus negara bekas jajahan luar negeri.

Indonesia menjadi negara yang diperebutkan oleh Blok Barat dan Timur lantaran letaknya yang memang sangatlah strategis, yaitu berada diantara dua Benua (Asia dan Australia) dan di dua Samudera (Samudera Pasifik dan Hindia). Di sisi lain, Indonesia juga menerapkan politik bebas aktif yang maksudnya politik netral atau tidak memihak pada blok mana pun baik itu Blok Barat maupun Timur. Perkembangan politik Indonesia yang perlu lebih diamati terjadi pada era Demokrasi Terpimpin.

Saat pemerintahan Orde Lama, khususnya pada Demokrasi Terpimpin Indonesia berhasil mengeluarkan sistem politik yang dinamakan Politik Mercusuar. Apa pengertian politik mercusuar?

Pengertian politik mercusuar adalah politik yang bertujuan untuk mencari nama baik dan mengagunggkan nama Indonesia di forum internasional. Politik ini dikeluarkan oleh Presiden Soekarno pada masa Demokrasi Terpimpin.

Apa tujuan indonesia melaksanakan politik mercusuar? Tujuan politik mercusuar adalah agar Indonesia dapat menjadi mercusuar atau penerang bagi New Emerging Forces (kekuatan baru yang sedang tumbuh) di dunia. Proyek besar dan spektakuler pun berhasil dijalankan oleh Indonesia dengan harapan agar Indonesia mendapat kedudukan yang layak di kalangan NEFO.Proyek besar ini membutuhkan dana yang besar pula, mencapai milyaran rupiah.

Bukti fisik politik mercusuar antara lain pembangunan jalan raya, Tugu Monas, toko serba ada yang dinamakan “Sarinah”, hotel mewah, Jembatan Semanggi, dan digunakan untuk penyelenggaraan GANEFO (Games of the New Emergency Forces) untuk membangun Gelora Senayan (lebih dikenal dengan Gelora Bung Karno) serta untuk biaya perjalanan bagi delegasi asing.

Sekilas tentang GANEFO. Ini merupakan salah satu gagasan yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno untuk membentuk kekuatan pada blok baru yang isinya beranggotakan negara-negara berkembang yang dimaksudkan untuk menyaingi Blok Barat dan Blok Timur. Gagasan ini sangatlah brilian, karena negara yang baru saja merdeka dan melepaskan diri dari bagiannya tidak perlu lagi khawatir soal nasibnya karena tangan dengan dibukanya blok baru ini memungkinkan negara yang baru saja merdeka itu bisa bergabung. Hal ini tentunya menjadi harapan bagi negara tersebut sekaligus kebanggaan bagi Indonesia yang mempunyai sosok brilian seperti Presiden Soekarno.

Lantas apa dampak positif dan negatif politik mercusuar ? Dampak positifnya adalah nama Indonesia yang disegani oleh dunia berkat ikon-ikon bangunan super mewah di masanya. Sementara dampak negatifnya adalah berkurangnya kepercayaan publik dan menurunkan tingkat perekonomian negara karena hal tersebut merupakan pemborosan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian politik mercusuar pada masa demokrasi terpimpin. Semoga kalian bisa memahami pengertian politik mercusuar dan bukti fisik dari politik tersebut secara umum ya ! Baca juga pengertian proposal penelitian 🙂