1. Pengertian prasasti dan fungsinya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan prasasti dan fungsinya ?
  3. Apa pengertian prasasti dan kegunaannya ?
  4. Apa fungsi prasasti sebagai alat komunikasi masa lalu ?
  5. Apa definisi prasasti dan contohnya / pengertian prasasti dan contohnya ?

Pengertian Prasasti dan Fungsinya Menurut Para Ahli


Definisi prasasti dan fungsinya adalah :

Pengertian prasasti dan fungsinya adalah : prasasti adalah semua bentuk keterangan tertulis pada suatu bidang yang digunakan dalam peresmian suatu peristiwa. (Soerjono dkk : 1993) Fungsi prasasti adalah sebagai bukti asli atau otentik mengenai kehidupan sosial, politik, budaya, dan ekonomi masyarakat di masa lampau yang tak lepas dari kehidupan serta kekuasaan raja beserta para pejabat kerajaan.

Pengertian prasasti adalah tulisan atau gambar yang terdapat pada tembaga atau batu. Nama lain prasasti adalah batu bertulis. Contoh prasasti di Pulau Sumatra adalah Prasasti Telaga Batu, Prasasti Kedukan Bukit, dan Prasasti Talang Tuo di Palembang, Prasati Karang Berahi di Jambi dan Prasasti kota kapur di Pulau Bangka (Drs. Sudjatmojo Adisukarjo dkk : 2006)

Fungsi prasasti adalah untuk merekonstruksi sejarah kuno Indonesia yang terjadi sampai dengan abad XVI. Prasasti ada yang terbuat dari ripta (daun tal), tamra (tembaga), dan upala (batu). (Elis Suryani Nani Sumarlina : 2009) 


Pengertian Prasati dan Fungsinya

Apa pengertian prasasti dan kegunaannya ? Apa kegunaan / fungsi prasasti pada zaman dahulu ?

Prasasti berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti sebagai pujian. Kemudian pengertian tersebut berkembang menjadi piagam, maklumat, surat keputusan, undang-undang atau tulisan. Di Indonesia sendiri Prasasti menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam sejarah sebab dari prasasti bisa diperolah kronologi kejadian ataupun informasi yang sangat detail.

Prasasti dalam pengertian  yang lebih modern saat ini sering dihubungkan dengan tulisan yang ada pada batu nisan ataupun pada gedung seperti pada peresmian proyek pembangunan pada saat groundbreaking. Misalnya saja pada saat peresmian groundbreaking maka pejabat tinggi seperti Presiden ataupun lainnya akan meresmikan dan mendatangani prasasti dari pembukaan gedung tersebut.

Ada banyak sekali isi prasasti yang ditemukan dari dulu hingga sekarang. Prasasti tidak hanya berisi petuah dari raja saja melainkan juga bisa berisi tentang bagaimana pembentukan daerah yang dilindungi oleh raja. Prasasti ada juga yang berisi tentang sebuah keputusan pengadilan atau disebut dengan prasasti jayapatra. Prasasti yang berisi tentang tanda kemenangan atau jayacikna, prasasti yang berisi tentang utang atau suddapatra dan juga prasasti yang berisi sumpah ataupun kutukan.

Fungsi Prasasti Pada Zaman Dahulu

Fungsi dari prasasti sendiri terbagi menjadi beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Mengetahui penanggalan dan angka tahun.

Dari Prasasti bisa mendapatkan informasi tentang beragam hal seperti tentang hari dan juga tahun dibuatnya prasasti tersebut.

  1. Memberikan Perintah.

Pada zaman dahulu prasasti digunakan untuk memberikan perintah kepada prajurit ataupun pegawai tingkat tinggi pada satu kerajaan.

  1. Penghormatan kepada dewa.

Prasasti juga berguna sebagai alat untuk persembahan ataupun penghormatan kepada Dewa. Dengan adanya informasi ini akan mempermudah dalam mempelajari apakah prasasti tersebut termasuk peninggalan dari masyarakat agama Budha ataukah Hindu.

  1. Terdapat Nama Raja

Dari Prasasti bisa mengetahui nama Raja yang menjadi penanda waktu pembuatan dari prasasti tersebut. Satu raja akan berkuasa pada satu masa yang kemudian menjadi penanda waktu kapan prasasti itu dibuat.

  1. Sumber Sejarah dan Sebagai Alat Komunikasi

Untuk saat ini prasasti lebih berfungsi sebagai sumber sejarah untuk menggali tentang sejarah dari prasasti tersebut dan sebagai media komunikasi dengan masyarakat sosial di jaman dahulu untuk menguak misteri apa saja yang terjadi di masa hidup mereka.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian prasasti dan fungsinya serta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan fungsi prasasti sebagai alat komunikasi masa lalu secara umum ya ! Baca juga pengertian safety riding 🙂