1. Pengertian proposal penelitian ilmiah itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan proposal penelitian ?
  3. Apa arti kata proposal penelitian ? Apa itu proposal penelitian ?
  4. Apa tujuan proposal penelitian ?
  5. Apa pengertian proposal penelitian menurut para ahli ?

Pengertian Proposal Penelitian Menurut Para Ahli


Arti proposal penelitian adalah :

Pengertian proposal penelitian adalah pedoman yang berisikan berbagai kegiatan serta langkah-langkah sistematis yang akan diikuti oleh seorang peneliti dalam melaksanakan suatu penelitian. (Sugiyono : 2013)

Pengertian proposal penelitian adalah suatu bentuk pedoman rencana kerja yang terdiri atas semua unsur-unsur pokok dalam proses penelitian. Proposal penelitian juga harus berisikan informasi yang cukup bagi si pembaca untuk mengevaluasi penelitian yang diajukan. (Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D)


Secara umum, pengertian proposal penelitian adalah jenis proposal yang banyak digunakan untuk bidang akademik khususnya dalam bidang karya ilmiah yang biasa dibuat oleh para mahasiswa. Contoh proposal penelitian seperti skripsi, tesis, desertasi, pembuatan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), dan lain sebagainya.

Bentuk proposal penelitian adalah berupa dokumen singkat yang berisikan rencana peneliti dalam melakukan penelitiannya. Proposal penelitian untuk S2 ataupun S3 bisa sangat singkat sekitar 500 kata, atau juga bisa sangat panjang sekitar 6000 kata (15 halaman) tergantung dari program studi yang diambil.

Pembuatan proposal penelitian ini dapat dijadikan sebagai bukti apakah seorang mahasiswa telah mampu meneliti dan mengembangkan suatu ilmu pengetahuan yang diterimanya atau tidak. Proposal ini juga melatih tingkat keseriusan kita saat sedang meneliti sesuatu, dapat dilihat dari hasil yang diperoleh nantinya.

Lalu apa tujuan proposal penelitian? Tujuan pembuatan proposal penelitian adalah untuk :

  • Menampilkan pokok permasalahan yang harus diteliti dan poin-poin penting dari penelitian tersebut.
  • Mencari berbagai data yang diperlukan untuk memecahkan pokok permasalahan.
  • Menyarankan bagaimana data tersebut akan dikumpulkan, diperlakukan, serta diinterpretasikan.

Ciri-ciri proposal penelitian:

  • Isinya berfokus pada salah satu isu atau kasus umum yang terdapat dalam suatu ilmu tertentu, disesuaikan dengan program studi dan jenis penelitian yang diambil.
  • Penggunaan data primer sebagai data utama, dibantu dengan penggunaan data sekunder.
  • Rancangan ilmu empiris terhadap ilmu teoretis dalam bidang tertentu.
  • Ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Format penulisannya baku.
  • Hasil data yang akan ditampilkan adalah data real, tidak boleh diterka.

Proposal penelitian dibagi atas 4 jenis, yaitu:

  1. Proposal Penelitian Pengembangan

Pengertian proposal penelitian pengembangan adalah proposal yang berisi rancangan kegiatan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah aktual. Pemanfaatan teori, konsep, prinsip dan temuan sangat ditekankan sebagai langkah untuk memecahkan masalah. Proposal penelitian pengembangan ini berbeda dengan proposal penelitian biasa karena hasil yang ditampilkan pada proposal pengembangan nantinya digunakan sebagai penerapan ilmu untuk memecahkan masalah.

  1. Proposal Penelitian Kajian Pustaka

Proposal penelitian kajian pustaka adalah proposal yang bertujuan untuk menelaah dan mendalami kasus yang terjadi melalui kajian pustaka yang relevan untuk memecahkan suatu masalah. Telaah yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data atau informasi yang berkaitan dengan kasus yang sedang diteliti. Bahan-bahan pustaka ini diperlukan untuk menggali ide atau gagasan baru sebagai pengembangan kerangka baru.

  1. Proposal Penelitian Kualitatif

Pengertian proposal penelitian kualitatif adalah proposal yang menampilkan gejala holistik-konstektual melalui pengumpulan data yang memanfaatkan orang sebagai instrumen kunci dari penelitian. Penelitian kualitatif ini sifatnya deskriptif atau berupa penjelasan yang umumnya menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Yang ditonjolkan dalam proposal ini adalah proses dan maknanya. Maka dari itu proposal ini disajikan harus berdasarkan data yang otentik (asli), dan disusun berdasarkan narasi yang kreatif.

  1. Proposal Penelitian Kuantitaif

Pengertian proposal penelitian kuantitatif adalah proposal yang menggunakan pendekatan induktif-deduktif. Proposal ini disusun dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, dan pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya yang kemudian akan dikembangkan menjadi masalah dan pemecahannya digunakan untuk memperoleh kebenaran.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian proposal penelitian ilmiah. Semoga kalian bisa memahami pengertian proposal penelitian dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian komplikasi 🙂