1. Pengertian pungli dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pungli ?
  3. Apa singkatan dari pungli ?
  4. Apa arti kata pungli ? Apa itu pungli ?
  5. Apa pengertian pungutan liar menurut para ahli ?

Pengertian Pungli Menurut Para Ahli


Arti pungli dan contohnya adalah :

Pengertian pungli adalah kegiatan penarikan uang yang dilakukan secara tidak sah dan melanggar hukum, yang dilakukan oleh dan untuk pribadi ataupun oknum petugas. (Wibawa dkk : 2013)

Pengertian pungli adalah pungutan yang tidak resmi, yang tidak dilindungi oleh peraturan pemerintah dan undang undang. (Kotapraja, Volume 7, Issues 7-8)

Pengertian pungli menurut Islam adalah pajak yang ditagih oleh seseorang dengan cara yang tidak legal, biasanya bersumber dari pedagang-pedagang kecil, biasa disebut juga dengan “al- Maksu”.


Pengertian pungli dan contohnya – Pernahkah kita mendengar istilah “Pungli”? Dan apa sebenarnya arti dari “Pungli” itu? Pungli adalah singkatan dari “Pungutan Liar”.

Secara umum, pengertian pungli adalah suatu tindakan yang sengaja dilakukan untuk pemungutan biaya dalam jumlah tertentu, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi dan secara hukum hal tersebut merupakan tindakan ilegal yang merugikan perorangan maupun masyarakat. Sebutan lain untuk pungli antara lain adalah uang sogok, uang pelicin, salam tempel, oles mentega, dan lain-lain.

Singkatnya, pengertian pungli adalah aktivitas memungut biaya ditempat yang seharusnya sama sekali tidak dikenakan biaya pungutan.

Pungli secara tidak langsung menimbulkan rasa ketidaknyamanan, keraguan, kekesalan dan bahkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pungutan liar ini. Pungutan liar ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi kebanyakan hal tersebut dilakukan oleh pejabat atau aparat pemerintah yang menggunakan wewenangnya dengan sewenang-wenang. Bisa dikatakan pungutan liar adalah suatu bentuk tindakan pemerasan, penipuan bahkan lebih dikenal dengan istilah korupsi (KKN).

Dalam pelayanan publik, tindakan pungli sudah termasuk ke dalam kategori tindakan kejahatan pribadi karena pejabat menggunakan kekuasaannya dan kedudukannya demi menguntungkan diri sendiri. Pungutan liar dalam pelayanan publik secara tidak langsung telah merugikan masyarakat dan juga mencemarkan nama baik pribadi maupun instansi pemerintahan.

Apa faktor penyebab pungli / faktor terjadinya pungli? Adapun faktor penyebab pungutan liar adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki etika yang kurang baik.
  2. Penyalahgunaan wewenang dalam jabatan dan kedudukannya.
  3. Penghasilan yang tidak seimbang dengan jabatannya.
  4. Terbentuknya kebiasaan organisasi atau budaya dengan adanya pungutan liar ini.
  5. Timbulnya rasa ingin memiliki yang lebih (Tamak).
  6. Terjadinya kelemahan dalam pengawasan.

Tindakan pungli ini telah Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 423 dan akan dikenai ancaman hukuman enam tahun penjara. Pelaku pungli juga sudah melanggar Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman paling singkat empat tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar. Lalu apa saja macam-macam pungutan liar?


CONTOH PUNGUTAN LIAR DI MASYARAKAT


Contohnya: Pungli terhadap Biaya Pendidikan (SD dan SMP), sebagaimana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada tanggal 30 Desember 2011 mengeluarkan kebijakan larangan bagi SD dan SMP untuk melakukan pungutan biaya pendidikan. Hal tersebut juga sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2011 tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Di lain pihak, jika kepala sekolah dan kepala dinas pendidikan telah menyalahgunakan jabatannya, berarti mereka telah melanggar KUHP Pasal 333 dengan ancaman hukuman maksimal delapan tahun penjara.

Contoh pungli lainnya yang banyak beredar di masyarakat adalah pungli uang keamanan atau japrem (jatah preman), setoran-setoran liar ke petugas keamanan dan berbagai pungutan liar dalam pelayanan publik yang bertujuan untuk mempercepat proses kepengurusan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pungli dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian pungutan liar dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian pithecanthropus soloensis 🙂