1. Pengertian pupuk kandang dan manfaatnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pupuk kandang ?
  3. Apa itu pupuk kandang ?
  4. Apa manfaat pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman ?
  5. Apa saja kelebihan dari penggunaan pupuk kandang ?

Pengertian Pupuk Kandang Menurut Para Ahli


Arti pupuk kandang adalah :

Pengertian pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan seperti kotoran domba, kambing, ayam dan sapi yang banyak mengandung unsru hara makro dan mikro. (Distan : 2011)

Definisi pupuk kandang adalah pupuk berbahan organik yang berasal dari kotoran hewan yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Selain memperbaiki fisik tanah, pupuk kandang juga berfungsi sebagai sumber hara yang cukup potensial. (Abdurrahman dkk : 1999)

Pengertian pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kandang hewan ternak, baik yang berupa kotoran padat (feses) yang sudah bercampur dengan sisa makanan maupun air kencing (urine). Kualitas pupuk kandang akan tergantung pada jenis dan kadar pakan yang dikonsumsi, lamanya ternak bekerja, umur ternak dan kesehatan ternak. (Soepardi : 1983)


Pengertian pupuk kandang dan manfaatnya – Pupuk kandang sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita bukan? Secara umum, pengertian pupuk kandang adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan yang pada umumnya digunakan untuk menambah nutrisi tanaman.

Pupuk kandang berguna untuk membuat tanah menjadi lebih subur serta membantu pertumbuhan benih-benih tanaman dengan cepat. Kotoran hewan yang baik dan sering digunakan sebagai pupuk kandang adalah tahi atau kotoran dari hewan ternak, seperti: sapi, ayam, itik, kambing, kerbau, dan kuda.

Apa sih zat yang terkandung dalam tahi atau kotoran hewan ternak? Kotoran hewan ternak mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Nutrisi ini terdiri dari 2 jenis unsur yaitu: unsur makro dan unsur mikro. Unsur makro berupa: kalsium (Ca), nitrogen (N), sulfur (S), kalium (K), fosfor (P), dan magnesium (Mg). Sedangkan unsur mikro berupa: besi (Fe), tembaga (Cu), boron (B), seng (Zn), klor (CI), molybdenum (Mo) dan almunium (AI).

Dalam teknik pemberian pupuk, kita harus mengetahui jenis tanaman apa saja yang akan diberi pupuk. Berikut adalah teknik-teknik pemilihan pupuk kandang :

  1. Jenis pupuk kandang ayam dan itik. Dikarenakan jenis pupuk ini mempunyai kandungan nitrogen yang tinggi, sedangkan kandungan fosfor dan kalium lebih rendah, maka jenis pupuk kandang ini lebih cocok dengan jenis tanaman sayur-sayuran seperti selada, bayam, dan kangkung.
  2. Jenis pupuk kandang sapi, kambing, kerbau. Dikarenakan jenis pupuk ini memiliki kandungan fosfor dan kalium lebih tinggi, sedangkan kandungan nitrogennya lebih rendah, maka jenis pupuk ini lebih cocok digunakan untuk tanaman biji-bijian dan buah- buahan.

Manfaat pupuk kandang adalah sebagai berikut:

  1. Tanah akan menjadi lebih subur.
  2. Karena sifatnya alami, maka pupuk kandang tidak akan merusak tanah.
  3. Meningkatkan unsur Hara makro dan mikro yang dibutuhkan bagi tanaman.
  4. Mendukung pertumbuhan mikroorganisme.
  5. Jika tanah subur maka benih yang ditaburkan akan bertumbuh dengan baik dan subur pula.

Bagaimana cara pembuatan pupuk kandang dari kotoran sapi kambing dkk? Pupuk kandang pada umumnya digunakan sebagai pupuk dasar tanaman. Karena persediaannya banyak dan proses pengelolaannya gampang, maka pembuatan pupuk kandang cukup dikumpulkan dan disimpan menjadi kering. Caranya tinggal mengumpulkan kotoran hewan ternak seperti sapi atau kambing kemudiaan dimasukkan ke dalam karung. Harga pupuk kandang per kg saat sekitar Rp 10.000,-


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pupuk kandang dan manfaatnya. Semoga artikel pengertian pupuk kandang dan manfaatnya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian pungutan liar dan contohnya 🙂