1. Pengertian pupuk urea dan karakteristiknya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan pupuk urea ?
  3. Apa itu pupuk urea ? Pupuk urea hasil dari apa ?
  4. Apa kegunaan pupuk urea / apa fungsi pupuk urea ?
  5. Apa kandungan pupuk urea dan manfaatnya ?

Pengertian Pupuk Urea Menurut Para Ahli


Arti pupuk urea adalah :

Pengertian pupuk urea adalah jenis pupuk yang mengandung N (nitrogen) dengan kadar yang tinggi. Unsur nitrogen ini merupakan zat hara yang sangat diperlukan oleh tanaman untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan cabang, jumlah anakan dsb. Manfaat pupuk urea lainnya adalah untuk membuat daun menjadi lebih segar, hijau dan rimbun. Unsur nitrogen tersebut juga akan membantu memperbanyak klorofil sehingga tanaman akan menjadi lebih mudah untuk melakukan fotosintesis. (Suhartono : 2012)

Pengertian pupuk urea adalah pupuk buatan berbentuk butiran bulat kecil (berdiameter sekitar 1 mm) yang berasal dari senyawa kimia organik CO (NH2)2 dengan kadar nitrogen sebesar 45%-46%. (Gusnilawati : 2010)

Definisi pupuk urea adalah pupuk padatan kristalin putih yang mengandung 46 % Nitrogen dan bersifat sangat larut dalam air. (Engelstad : 1985)

Pengertian pupuk urea adalah pupuk buatan atau pupuk anorganik yang berfungsi sebagai sumber hara nitrogen. (Subagyo : 1970)


Dengan berkembangnya teknologi, pupuk tidak hanya dari tahi atau kotoran hewan ternak, seperti: ayam, itik, lembu, kambing, lembu dan kerbau saja. Tetapi ada pupuk kimia, yang diproduksi dari pabrik dan jenis pupuk kimia ini dikenal istilah “Pupuk Urea”.

Secara umum, pengertian pupuk urea adalah pupuk kimia dengan rumus kimia CO(NH2)2 yang banyak mengandung Nitrogen, bentuknya seperti butir-butir kristal berwarna putih dan mempunyai sifat higroskopis (sangat mudah menghisap air).

Apa yang terkandung dalam pupuk urea? Karakteristik pupuk urea adalah sebagai berikut :

  • Mengandung nitrogen dengan kadarnya sekitar 42% – 46%.
  • Tingkat larutan dalam air (gr/ltr): 1.030.
  • Reaksinya agak masam.
  • Mengandung zat higroskopis dan penguapannya tinggi.
  • Dosis standar (kg/phn/thn): 2, 75.
  • Persediaannya mudah diperoleh.

Apa manfaat pupuk urea / kegunaan pupuk urea? Manfaat pupuk urea diberikan pada tanaman bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan pertumbuhan tunas baru.
  2. Mempercepat pertumbuhan serabut akar.
  3. Mempercepat pertumbuhan panjang akar.
  4. Pertumbuhan pada daun jenis tanamannya lebih hijau, segar dan rimbun.
  5. Penyerapan unsur-unsur oleh tanaman lebih cepat dan efektif.
  6. Jenis pupuk ini bisa dipakai untuk semua jenis tanaman.
  7. Dengan pertumbuhan yang cepat, maka bisa terpenuhi kebutuhan masyarakat.
  8. Mempercepat pertumbuhan fitoplankton.

Harga pupuk urea saat ini rata-rata sekitar 10ribuan per kilonya. Dalam pemilihan pupuk urea dibutuhkan cara-cara pemilihannya. Sebab pupuk urea yang asli mempunyai beberapa kriteria yaitu: memiliki Logo SNI, nomor izin peredaran (bagian depan karung), tertera kandungan Pupuk Urea, nomor call center dan bagian belakang karung ada tertera seperti: bag code (tanggal dan tempat produksi pupuk tersebut).

Lalu apa perbedaan pupuk bersubsidi dan nonsubsidi? Secara umum kandungan pupuk urea subsidi dan nonsubsidi adalah sama. Yang membedakan hanyalah pada warnanya saja, yaitu pada pupuk urea bersubsidi berwarna pink dan pupuk urea nonsubsidi berwarna putih. Selain itu, pupuk urea subsidi pada bagian depan karungnya tertera tulisan “Pupuk Bersubsidi Pemerintah”.

Sebagai tambahan, ada juga lho jenis pupuk subsidi lainnya yaitu: jenis pupuk NPK (Nitrogen, Phospor, Kalium), yang dikenal nama merek PHONSKA Pupuk Indonesia. Pupuk NPK dengan merek PHONSKA Pupuk Indonesia mengandung unsur: 15% Nitrogen, 15% Kalium, dan 10% Sulphur.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian pupuk urea dan karakteristiknya. Semoga kalian bisa memahami manfaat pemberian pupuk urea pada tanaman ya ! Baca juga pengertian pupuk kandang dan manfaatnya 🙂