1. Pengertian pvc (polyvinyl chloride) itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan bahan pvc ?
  3. Apa yang dimaksud dengan pipa pvc?
  4. Apa kepanjangan dari pvc ?
  5. Apa arti kata pvc ? Apa itu pvc ?

Pengertian PVC (Polyvinyl Chloride)


Arti PVC (polyvinyl chloride) adalah :

Polyvinyl Chloride (PVC) dalam bahasa Indonesia disebut Polivinil Klorida. Pengertian PVC (polyvinyl chloride) adalah salah satu dari unsur kimia Polimer Termoplastik yang berfungsi sebagai cairan kimia yang memiliki berat molekul kecil, yang bisa melunak jika dipanaskan dan bisa mengeras jika didinginkan. Sifat PVC sangat fleksibel dan mudah diregangkan, banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pakaian maupun peralatan yang mengandung unsur plastik. Contohnya : pipa, bingkai jendela dan pintu, insulasi kabel listrik, atap, dan lain-lain.

Polyvinyl Chloride (PVC) pertama kali ditemukan oleh Henri Victor Regnault pada tahun 1835 dan kemudian ditemukan oleh Eugen Baumann pada tahun 1872. Pada awal abad ke-20, Ivan Ostromislensky, seorang ahli kimia dari Negara Rusia dengan Fritz Klatte, yang berasal dari perusahaan kimia jerman (Griesheim-Elektron) mencoba menggunakan PVC sebagai produk komersial. Namun sayangnya mereka menemui kesulitan dalam pembekuannya sehingga menghambat proses penggunaannya sebagai produk komersial.

Dan akhirnya pada tahun 1926 Waldo Semon bersama perusahaan B. F. Goodrich dengan metode baru, memakai PVC sebagai bahan kimia plastik dengan tambahan berbagai unsur tambahan lainnya. Akhirnya PVC berhasil menjadi lebih flexible dan mudah diproses, hingga meluasnya penggunaan ini.

Adapun fungsi PVC / manfaat PVC adalah sebagai berikut :

  • Pakaian

PVC banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pakaian, yang fungsinya melebihi karet, kulit, maupun lateks. Bahan PVC juga bisa digunakan sebagai Waterproof sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan tas, mantel maupun jaket.

  • Pipa

Sebagian besar hasil produksi bahan PVC adalah pipa. Pipa PVC banyak dipakai dalam perumahan maupun perindustrian. Hasil pembuatan pipa dari bahan PVC ini memiliki sifat yang kuat dan ringan serta reaktivitasnya rendah. Dan jika PVC dicampurkan dengan unsur larutan semen atau disatukan dengan pipa HDPE (pipa tekanan berat) melalui pemanasan, maka pipa PVC tersebut bisa menjadi sambungan yang kuat dan tahan bocor.

  • Insulasi Kabel Listrik.

Dalam proses pembuatan Insulasi Kabel Listrik, bahan yang sering digunakan adalah bahan PVC LSOH (Low Smoke, Zero Halogen) untuk menjaga kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan jika kita menggunakan bahan PVC bersama dengan plasticizer dalam pembuatan Insulasi Kabel Listrik maka apabila terpapar oleh api, kabel yang ditutupi PVC tersebut akan menghasilkan asap yang mengandung HCI (H2SO4) yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Adapun manfaat PVC atau kegunakan PVC lainnya antara lain sebagai : bungkus makanan, sol sepatu, sarung tangan, botol detergen dan lain-lain.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian PVC (polyvinyl chloride). Semoga kalian bisa memahami pengertian PVC dan contoh bahan PVC secara umum ya ! Baca juga pengertian kredit investasi kecil (KIK) 🙂