1. Pengertian raw dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan format raw ?
  3. Apa arti raw dalam fotografi ?
  4. Apa itu format raw dalam fotografi ?
  5. Apa fungsi raw pada kamera / kegunaan raw pada kamera?

Pengertian RAW Dalam Fotografi 


Apa kepanjangan raw format gambar dan bagaimana cara menggunakan format raw?

RAW fotografi – Selama ini format file foto yang umumnya dikenal orang adalah JPEG. Padahal jika kita melihat pengaturan di dalam kamera terdapat format file foto lainnya yang jarang digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Nama format foto tersebut adalah RAW. Tidak ada kepanjangan dari kata RAW. RAW adalah padanan kata bahasa Inggris yang artinya mentah atau masih murni.

RAW dalam fotografi adalah format sebuah file foto yang belum diolah oleh kamera sehingga hasil gambar pada saat dibidik masih mentah. Format file RAW ini juga tidak terdapat pada semua kamera. Namun saat ini di kamera-kamera sekelas DSLR sudah memiliki fitur untuk pengaturan format RAW.

Apa fungsi raw di kamera / fungsi format raw pada kamera? Apa pula kelebihan dan kekurangan format raw?

Karena ukuran satu buah foto RAW  saja bisa berkali-kali lipat ukuran file JPEG maka tidak semua orang nyaman untuk memakai format ini. Biasanya fotografer yang menggunakan format RAW memiliki kebutuhan untuk mengedit ulang hasil foto yang dijepret pada sebuah software editing photo atau kebutuhan lainnya untuk keperluan cetak pada media yang besar sehingga tidak pecah ketika dicetak.Untuk kamu yang baru belajar fotografi tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba pengaturan RAW pada kamera sehingga kemudian kamu bisa melakukan editing mulai dari contrast, brightness, saturation dan lainnya pada software editing photo seperti Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom.

Inti dari sebuah foto adalah pixel, jika kamu memotret menggunakan RAW maka ukuran pixel tidaklah menjadi masalah ketika melakukan proses editing. Namun berbeda halnya ketika menggunakan format JPEG, ketika kamu melakukan pengeditan maka kualitas foto pun atau turun atau bahkan kamu akan kesulitan melakukan editing karena pixelnya yang kecil. Namun baik JPEG maupun RAW memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kamu memang terbiasa melakukan olah digital pada foto maka pilihan memotret dengan mode RAW sudahlah benar. Akan tetapi jika kamu tidak banyak melakukan olah digital dan sudah cukup puas dengan hasil foto yang kamu jepret langsung dari kamera maka cukuplah memakai format file JPEG yang sudah sangat bagus hasilnya jika kamu hanya ingin membagikannya ke social media atau untuk koleksi pribadi. Setidaknya jika kamu sudah mencoba langsung bagaimana memotret menggunakan format RAW maka kamu juga akan paham perbedaan kualiatas foto format RAW dan JPEG.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian raw dalam fotografi. Semoga kalian bisa memahami pengertian raw dalam fotografi serta kegunaan raw di kamera ya!