1. Pengertian refleksi dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan foto refleksi ?
  3. Apa arti kata refleksi ? Apa itu fotografi refleksi ?
  4. Apa tips fotografi refleksi & teknik foto reflection ?

Pengertian Refleksi Dalam Fotografi


pengertian teknik fotografi refleksi – Bosan karena hasil fotomu monoton dan terkesan datar? Kalau begitu kamu harus belajar teknik fotografi satu ini agar hasil fotomu bisa lebih mengagumkan. Salah satu teknik fotografi yang banyak disukai oleh fotografer profesional adalah teknik refleksi. Teknik ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dicoba asalkan ada media yang dapat digunakan untuk merefleksikan obyek seperti air, cermin, kaca, dan lainnya. Pengertian refleksi dalam fotografi adalah pemantulan bayangan obyek pada suatu medium yang bisa memantulkan bayangan.

Teknik foto refleksi ini paling sering kita temui untuk memotret keindahan alam yang direfleksikan lewat air danau atau air sungai sehingga keindahan alam dapat terpantul kedalam sungai atau danau tersebut. Namun ternyata tak hanya pemandangan saja yang bisa menciptakan keindahan dengan diterapkannya teknik refleksi ini. Jika kamu suka memotret bangunan bersejarah maka akan lebih menarik ketika kamu merefleksikannya pada genangan air hujan disekitar.

Tak hanya foto bangunan saja yang menarik untuk dibuat refleksi, aktivitas manusia pun tak kalah menariknya untuk dipotret dengan menerapkan teknik refleksi. Kamu bisa mencari medium pantul di sekitar yang mampu merefleksikan aktivitas manusia tersebut.

Bagaimana cara membuat foto reflection / teknik fotografi refleksi?

Kunci agar kamu berhasil menerapkan refleksi dalam foto jepretanmu adalah carilah medium pantul yang tenang. Misalkan kamu ingin memotret pemandangan hutan yang disekelilingnya terdapat danau, maka kamu harus memotret saat kondisi air danau tersebut tenang sehingga hasil refleksi dari deretan pepohonan di hutan akan terlihat cantik pada air danau yang tenang tersebut.

Sebaliknya jika kamu memotret saat kondisi air beriak maka dapat dipastikan kamu tidak akan mendapatkan hasil tone foto refleksi yang sempurna. Ketika kamu memotret dengan menggunakan air sebagai medium refleksi maka carilah air yang bening atau setidaknya tidak keruh. Sebab jika airnya keruh maka hasil refleksi tidak akan begitu terlihat kontras.

Sedangkan ketika kamu akan mencoba refleksi pada bangunan maka kuncinya kamu harus mencari bangunan yang berwarna kontras, sehingga hasil refleksi bangunan tersebut dalam air akan terlihat bagus. Jika disekitar bangunan yang akan kamu jepret tidak ada air menggenang untuk digunakan sebagai media pantul maka kamu bisa membuat genangan air buatan sehingga bisa dijadikan media pantul untuk fotografi refleksi. Tidak banyak lho yang tau trik tersebut, jadi kamu harus mencobanya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian refleksi dalam fotografi. Semoga kalian semakin paham akan pengertian foto refleksi & teknik foto refleksi air, kaca dsb ya!