1. Pengertian rekonstruksi sosial itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan rekonstruksi sosial ?
  3. Apa pengertian kurikulum rekonstruksi sosial ?
  4. Apa arti kata rekonstruksi sosial ?
  5. Apa itu rekonstruksi sosial ?

Pengertian Rekonstruksi Sosial Menurut Para Ahli


Arti rekonstruksi sosial adalah :

Pengertian rekonstruksi sosial adalah suatu pembentukan dan pengembangan masyarakat yang adil, demokratis, mandiri, mengakui supremasi hukum, serta mengakui nilai-nilai kemanusiaan dan didasarkan kepada moral dan yang konsisten. (Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, Badan Pertanahan Nasional : 2000)

Definisi rekonstruksi sosial adalah kebalikan dari rekonstruksi fisik yang mana rekonstruksi fisik lebih bersifat tangible serta dapat ditetapkan target waktu penyelesaiannya, sementara rekonstruksi sosial adalah proses yang memakan waktu jauh lebih lama serta tidak dapat diprediksi kapan akan akan terwujudnya. (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia : 2007)

Pengertian kurikulum rekonstruksi sosial adalah kurikulum yang bertujuan untuk menghadapkan anak didik kepada berbagai tantangan, ancaman, serta hambatan atau gangguan-gangguan yang dihadapi oleh manusia. (Arif Munandar : 2018)

Pengertian filsafat rekonstruksi sosial adalah suatu aliran filsafat yang mengacu kepada penyesuaian perubahan suatu kondisi yang ada di masyarakat, lingkungan dan negara. Filsafat ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang lebih baik dimasa mendatang dengan menyelesaikan berbagai masalah yang ada pada masyarakat. 


Rekonstruksi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti (1) pengembalian seperti semula, (2) penyusunan (penggambaran) kembali. Jadi jika digabung, pengertian konstruksi sosial adalah pemusatan terhadap masalah apa saja yang terjadi di masyarakat. Masalah-masalah yang ada dapat diselesaikan dengan cara beriteraksi antara orang tua, teman atau masyarakat lainnya sehingga akan terbentuk masyarakat yang lebih baik lagi.

Ciri-ciri dari rekonstruksi sosial / ciri ciri kurikulum rekonstruksi sosial adalah sebagai berikut :

  • Asumsi

tujuan utama dari pembelajaran rekonstruksi sosial ini adalah untuk menghadapkan siswa pada segala bentuk masalah, tantangan, gangguan atau hambatan secara universal (umum) yang dihadapi lalu akan ditelaah atau dikaji lagi secara kurikulum.

  • Masalah sosial yang mendesak

modelnya adalah dengan menyusun berbagai jenis pertanyaan secara mendlam terkait masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Selain membuat pertanyaan dari kehidupa sosial yang nyata terjadi dalam kehidupan, pertanyaannya juga bisa diambil dari buku atau hasil pengujian terhadap suatu hal.

  • Pola organisasi

pola organisasi ini disusun seperti halnya roda yang memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Pada tengah-tengah roda akan ditempatkan apa yang menjadi penyebab utama timbulnya suatu masalah.

Komponen Kurikulum Rekonstruksi Sosial

Komponen yang terdapat dalam rekonstruksi sosial, antara lain:

  • Tujuan dari isi kurikulum

– Melakukan survei secara kritis di dalam masyarakat

– Mengadakan studi yang berhubungan dengan keadaan ekonomi lokal maupun nasional hingga
ekonomi secara dunia

– Melakukan studi tentang latar belakang historis dan kecenderungan perkembangan yang terjadi

– Mengkaji praktik politik apa yang terjadi dan menghubungkannya dengan kondisi ekonomi

– Melakukan pemantapan terhadap praktik politik yang dilakukan

– Melakukan evaluasi secara keseluruhan terkait dengan semua rencana yang telah disusun

  • Metode

Dalam metode ini, seseorang berusaha untuk mencari keselarasan atau hubungan yang terjadi antara tujuan dalam arti luas dan dalam arti sempit. Dari pelaksanaannya, seseorang akan berinteraksi dengan orang lain untuk merumuskan metode apa yang terbaik untuk diterapkan.

  • Evaluasi

suatu evaluasi adalah hal terakhir yang dilakukan dari keseluruhan kegiatan yang dilakukan. tujuan evaluasi ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala sewaktu pelaksanaan rekonstruksi sosial, dan apa saja kekurangan yang ditemukan dari hasil yang telah didapatkan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian rekonstruksi sosial. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh penerapan kurikulum rekonstruksi sosial secara umum ya ! Baca juga pengertian vulkanologi dalam geografi 🙂