1. Pengertian rempah-rempah dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan rempah rempah ?
  3. Apa contoh rempah rempah dan manfaatnya ?
  4. Apa pengertian rempah rempah dan jenisnya ?
  5. Apa itu rempah rempah dan fungsinya ?

Pengertian Rempah Rempah Menurut Para Ahli


Arti rempah rempah adalah :

Pengertian rempah rempah adalah bumbu yang berasal dari tumbuhan, seperti jahe, sereh, lengkuas, kunyit dsb yang dimanfaatkan baik dalam bentuk tumbuhan segar maupun kering yang nantinya dicampur pada masakan sebagai penyedap. (Soediarto dkk : 1978)

Definisi rempah rempah adalah tanaman herba yang digunakan sebagai campuran masakan yang berfungsi untuk memberi aroma serta membangkitkan selera makan. Jenis rempah rempah dapat berupa rimpang (rhizome), umbi (tuber), batang atau kulit batang, buah, daun, dan biji. (Somaatmadja : 1985)


Mungkin banyak dari kita sudah mengenal rempah-rempah karena banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya sebagai campuran dalam masakan. Apa sih sebenarnya rempah-rempah itu? Lho masa ngga tau?

Secara umum pengertian rempah-rempah adalah jenis tumbuhan yang biasa digunakan sebagai perisa atau pengawet alami pada makanan. Manfaat rempah-rempah secara umum adalah untuk menyedapkan suatu masakan dan menghangatkan badan. Bau dan aroma dari rempah-rempah itu sendiri sangat kuat makanya sering dijadiin bumbu masak. Jadi kalau pagi hari Ibu kamu masak dan wanginya itu sampe nusuk ke hidung kamu, berarti Ibumu mencampurkan sedikit rempah-rempah pada masakannya.

Rempah rempah juga dibedakan ke dalam berbagai jenis yaitu tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Indonesia sendiri terkenal dengan hasil kekayaan rempah-rempahnya yang melimpah. Makanya pada zaman dulu bangsa Portugis dan Belanda senang menjajah Indonesia karena memang Indonesia kaya akan bahan alamnya, khususnya rempah-rempah. Nama rempah-rempah yang dicari bangsa eropa di Indonesia antara lain : pala, cengkeh, kayu manis, jinten, lada, kapulaga dkk.

Selain contoh rempah rempah Indonesia yang dicari bangsa Eropa di atas, nama rempah rempah yang berada di Indonesia juga cukup banyak lho. Berikut contoh rempah rempah dan kegunaannya :


CONTOH REMPAH REMPAH DAN PENJELASANNYA


Jenis rempah rempah dan fungsinya:

  1. Jahe

Selain digunakan dalam minuman untuk menghangatkan badan, jahe juga digunakan sebagai obat migran, rematik, bumbu masak, juga sebagai olahan membuat jamu.

  1. Ketumbar

Biasanya dicampurkan ke dalam makanan, agar rasa makanan lebih nikmat dan menggugah selera.

  1. Lengkuas

Digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional dan sebagai campuran bahan untuk tumisan.

  1. Kunyit

Semua orang sangat kenal dengan jenis rempah-rempah yang satu ini. Biasanya digunakan sebagai campuran untuk membuat jamu, bumbu masak, sekaligus bahan untuk kecantikan.

  1. Kayu manis

Berguna sebagai bumbu masak, juga sebagai ramuan untuk kesehatan.

  1. Daun Serai

Digunakan sebagai bahan untuk membuat aroma masakan menjadi semerbak alias mengharumkan makanan.

  1. Daun Pandan

Daunnya digunakan sebagai pewarna alami pada makanan, pengharum makanan, juga dijadikan sebagai hiasan untuk membuat tampilan makanan menjadi indah.

  1. Bawang Putih

Digunakan sebagai bumbu masak juga sebagai obat antibiotik.

  1. Bawang Merah

Sebagai penyedap alami pada masakan. Berguna juga untuk kesehatan seperti obat jantung, kanker perut, kanker prostat, dan sebagainya.

  1. Bawang Bombai

Tidak lengkap jika membicarakan bawang merah dan bawang putih tanpa memasukkan bawang bombai. Biasanya digunakan sebagai penyedap alami makanan, menaikkan dan menurunkan kolesterol, serta bagus dikonsumsi untuk kesehatan jantung.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian rempah-rempah dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian rempah rempah secara umum ya ! Semoga bermanfaat bagi para pembaca pengertianmenurutparaahli.org 🙂