1. Pengertian remunerasi tni itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan remunerasi pns ?
  3. Apa arti kata remunerasi ? Apa itu remunerasi pns ?
  4. Apa tujuan pemberian remunerasi ?

Pengertian Remunerasi


Arti remunerasi adalah :

Pengertian remunerasi adalah sesuatu yang diterima oleh pegawai sebagai bentuk imbalan dari kontribusi yang telah ia berikan kepada organisasi dimana tempat dia bekerja. (Mochammad Surya : 2004)

Definisi remunerasi adalah suatu bentuk pemberian prestasi balasan (balas jasa) atau hadiah, khususnya untuk jasa yang sudah dipergunakan. (Komaruddin : 1983)

Pengertian remunerasi adalah upah dan segala macam bentuk manfaat finansial lainnya yang diterima seseorang sebagai hasil dari suatu pekerjaan tertentu. (Rosenberg : 1983)


Istilah remunerasi ini sedikit asing di telinga kita, apalagi bagi anak yang masih duduk di bangku sekolahan. Remunerasi adalah istilah yang biasanya digunakan dalam dunia kerja. Pantas saja kalau misalnya kamu yang masih duduk di bangku sekolah masih sedikit janggal dan belum paham betul dengan istilah ini. Wong kamu masih sekolah (hihi).

Istilah ini dijumpai dan berhubungan saat proses penggajian tenaga kerja, misalnya remunerasi PNS, remunerasi Polri, remunerasi TNI, dan sebagainya. Contohnya jika seorang pegawai PNS, Polri atau TNI dalam setahun terakhir mempunyai kinerja yang sangat bagus atau telah mencapai target tertentu maka dia bisa mendapatkan remunerasi (dapat berupa gaji, tunjangan tetap, bonus atas prestasi, dan insentif lainnya)

Pengertian remunerasi secara umum adalah total kompensasi yang kita terima sebagai bentuk balas jasa atas apa yang telah kita lakukan dalam suatu organisasi tempat kita bekerja (perusahaan). Biasanya diberikan dalam bentuk uang yang disebut upah atau gaji. Tingkat atau besarnya remunerasi yang peroleh biasanya didasarkan pada berbagai macam faktor seperti kesanggupan atau keberadaan perusahaan, skill yang dimiliki oleh tenaga kerja, resiko pekerjaan, posisi tenaga kerja, gaya hidup, campur tangan pemerintah, dan berdasarkan permintaan serta penawaran tenaga kerja.

Ada 2 (dua) unsur yang terdapat dalam remunerasi yaitu kompensasi dan komisi (bonus). Pengertian kompensasi adalah apa saja yang diterima, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik dan dapat dihitung jumlahnya, biasanya juga tidak dikenakan pajak. Sedangkan pengertian komisi adalah imbalan tambahan yang diberikan kepada tenaga kerja apabila perusahaan mendapat keuntungan (deviden). Kedua istilah ini memiliki tujuan yang sama, yaitu sebagai dorongan atau motivasi bagi para tenaga kerja untuk lebih semangat, berprestasi, bekerja secara efisien dan efektif lagi dalam melakukan tugas yang diemban kepadanya.

Indikator yang mempengaruhi remunerasi bagi tenaga kerja:

  • Tingkat remunerasi harus relevan atau sesuai dengan kontribusi yang dilakukan oleh seorang tenaga kerja terhadap perusahaan
  • Diberikan pada tenaga kerja yang memiliki skill khusus
  • Besar kecilnya tingkat remunerasi itu sendiri di dalam perusahaan

Ada beberapa tujuan remunerasi, diantaranya:

  • Terciptanya Sumber Daya yang berkualitas
  • Persaingan yang positif diantara para tenaga kerja yang satu dengan yang lainnya. Jadi mereka berlomba-lomba melakukan yang terbaik untuk mendapatkan remunerasi yang setimpal.
  • Menjaga produktivitas tenaga kerja agar tidak beralih atau berpindah ke perusahaan lain.
  • Pengelolaan perusahaan yang bersih, baik, dan jujur.
  • Meningkatkan dan menciptakan kesejahteraan bagi tenaga kerja di perusahaan.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian remunerasi menurut para ahli. Semoga kalian bisa memahami pengertian remunerasi & tujuan pemberian remunerasi secara umum ya ! Baca juga pengertian rempah-rempah dan jenisnya 🙂