1. Pengertian ritual menurut para ahli antropologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ritual ?
  3. Apa arti kata ritual ? Apa itu ritual ?
  4. Apa tujuan masyarakat praaksara melakukan ritual pemujaan ?
  5. Apa contoh ritual keagamaan ?

Pengertian Ritual


Arti ritual adalah :

Pengertian ritual adalah serangkaian tindakan yang selalu melibatkan agama atau magic, yang kemudian dimantapkan melalui tradisi. Ritual ini tidak sama persis dengan pemujaan, karena ritual adalah tindakan yang bersifat keseharian. (Winnick dalam Nur Syam : 2005)

Pengertian ritual adalah suatu hal yang berkaitan dengan kepercayaan dan keyakinan spritual dengan suatu tujuan tertentu. (Situmorang : 2004)

Definisi ritual adalah suatu perilaku tertentu yang sifatnya formal dan dilakukan dalam waktu tertentu dengan cara yang berbeda. Ritual bukanlah hanya sekedar rutinitas yang bersifat teknis saja, melainkan tindakan yang didasarkan pada keyakinan regilius terhadap suatu kekuasaan atau kekuatan mistis (Victor Turner)

Pengertian ritual adat sebuah kebiasaan yang sudah melekat pada suatu masyarakat secara turun temurun yang mencerminkan identitas mereka.

Pengertian ritual keagamaan adalah segala macam tindakan manusia untuk mendekatkan diri kepada yang ghaib dengan tujuan mengharapkan adanya suatu kebahagiaan di dunia maupun kehidupan setelah mati yang diyakininya dengan sepenuh hati dan didasarkan atas kepercayaan terhadap agama yang dianutnya. Contoh ritual keagamaan adalah : Kegiatan membakar tulang bahu binatang ternak dan kemudian membaca / menafsirkan pola retakannya untuk meramalkan suatu kejadian di masa depan yang dilakukan oleh masyarakan Hun. Mereka percaya bahwa semua benda benda di dunia ini mempunyai roh.


Para antropolog yang mengambil kalian penggunaan istilah prasejarah selalu dihadapkan pada berbagai macam jenis istilah, bisa saja itu istilah yang berhubungan dengan keagamaan atau yang halnya bersifat religius atau sebagainya. Dalam agama, terdapat berbagai jenis tempat ibadah seperti yang kita ketahui ada mesjid, gereja, vihara, dan kuil. Tempat ini digunakan sebagai tempat untuk menyembah dan memuji sang pencipta. Dalam setiap tempat ibadah, biasanya akan ada seorang imam yang bertugas untuk memimpin proses ibadah di masing-masing agama.

Istilah yang sudah sangat sering digunakan. Kita semua juga tahu dan sedah sering mendengar isitilah “ritual”. Namun apakah Anda sudah tau apa itu arti kata ritual?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian ritual adalah suatu hal yang berkenaan dengan ritus; hal ihwal ritus. Dalam arti lengkapnya, pengertian ritual adalah serangkaian proses kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki tujuan simbolis pada rangkaian acara tertentu. Ritual ini bisa dijadikan sebagai tradisi pada kelompok tertentu. Acara ritualnya bisa saja dibuat sekali dua minggu atau kapanpun itu. Namanya sudah tradisi pasti sudah dijadwalkan sebagaimana mestinya.

Ada tiga tujuan dilakukannya sebuah ritual, yakni:

  • Sebagai bentuk pendekatan diri kita kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa dilimpahi kasih, rahmat, kesejahteraan, keselamatan, dan sukacita
  • Sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah siberikan Sang Pencipta
  • Sebagai bentuk sembah sujud dan doa minta ampun atas kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat sebelumnya

Ritual dilaksanakan menurut aturan tertentu, dan sifatnya formal tidak boleh dilakukan sembarangan apalagi asal-asalan. Saat ini istilah ritual sering digunakan sebagai bentuk persembahan yang berhubungan dengan kekuatan mistis oleh masyarakat tradisional pada daerah pedalaman. Pada zaman masyarakat praaksara, tujuan utama dilakukannya ritual pemujaan adalah untuk mendekatkan diri pada kekuatan lain yang berada di luar kekuatan manusia.

Masyarakat tradisional ini umumnya melakukan ritual untuk meminta sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan dan kesejahteraan penduduk daerahnya atau hanya sebagai bentuk ucapan terima kasih. Ritual yang sifatnya mistis sedikit agak “ngeri” karena yang disembah bukanlah Tuhan melainkan benda-benda gaib seperti patung, pohon besar (biasanya beringin), dan sebagainya yang diyakini memiliki kekuatan supranatural atau apalah itu untuk senantiasa menjaga kita dari segala bentuk marabahaya.

Untuk daerah modern yang tentunya dihuni oleh masyarakat modern pula, ritual yang berbau mistis sudah sangat jarang ditemukan. Kalau pun ada hanyalah dilakukan oleh orang-orang tertentu saja yang masih meyakini kekuatan gaib tersebut. Kamu percaya agama dengan agama yang kamu anut bukan? Lakukan ritual untuk menyembah Tuhan saja ya bukan benda gaib.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ritual menurut para ahli. Semoga kalian bisa memahami pengertian ritual secara umum ya ! Baca juga pengertian teologi 🙂