1. Pengertian romantisme dalam seni rupa itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud aliran seni rupa romantisme ?
  3. Apa pengertian romantisme dalam seni lukis ?
  4. Apa arti romantisme dalam seni rupa ?
  5. Apa itu romantisme dalam seni rupa ?

Pengertian Romantisme Menurut Para Ahli


Arti romantisme dalam seni rupa adalah :

Pengertian romantisme dalam seni rupa adalah suatu ada tema dari seni rupa yang berusaha mengungkapkan kisah-kisah yang dramatis, mengharukan serta kepahlawanan. Contoh pelukis aliran romantisme adalah William Blake (Inggris), Delcroix (Perancis), dan Raden Saleh (Indonesia). (Dedi Nurhadiat & Madasar Susanto : 2004) 


Secara umum, pengertian aliran romantisme dalam seni lukis adalah aliran seni rupa yang mengungkapkan sebuah peristiwa yang menarik, indah dan dianggap istimewa. Yang dilukiskan dalam aliran seni ini adalah sebuah kejadian, peristiwa, sejarah, kehidupan sosial, maupun tentang keindahan alam. Karya dalam aliran romantisme biasanya terkesan dramatis namun kaku.

Aliran romantisme memiliki penekanan emosional yang sangat kuat untuk menggambarkan sesuatu yang bersumber dari nilai estetika, penekanan pada rasa senang, takut, ngeri, takjub dan lain sebagainya yang dialami oleh seseorang ketika melihat kejadian yang ada di bumi ini terutama yang berkenaan langsung dengan alam.

Istilah romantisme “romantik” berasal dari kata “romans” yaitu sebuah narasi puitis yang berasal dari sastra pada zaman Pertengahan dan Romantik. Gagasan-gagasan dalam aliran romantisme biasanya dipengaruhi oleh gagasan-gagasan pencerahan, mengagungkan medievalisme, dan unsur seni narasi yang berasal dari masa Pertengahan.

Romantisme memang kebanyakan mengangkat tema dari alam, namun tak jarang juga lukisan romantisme mengesahkan apa yang ada di dalam pikiran manusia (imajinasi) sebagai sebuah otoritas kritis yang memungkinkan pemahaman klasik dalam sebuah seni. Balik lagi, gagasan pada lukisan romantisme tergantung pada selera seorang seniman yang akan melukiskan sesuatu tentang apa yang dianggapnya menarik.

Ciri-ciri karya lukis aliran romantisme antara lain:

  • Kebanyakan mengangkat tema dari alam, baik itu berupa bencana alam dan keindahan yang ditawarkan oleh alam yang membuat mata segar dan meneduhkan hati
  • Sebuah lukisan yang berhasil diselesaikan akan mengungkapkan suatu gerak dan adanya makna “berlebihan” dalam lukisan
  • Penggunaan warna yang ramai, dan mencolok (kontras)
  • Dapat menyentuh perasaan manusia yang melihat lukisan tersebut
  • Bisa menggambarkan tentag kebahagiaan, kemurungan, kesedihan, dan perasaan apapun yang dirasakan oleh seseorang ketika melihat segala sesuatu yang ada di alam

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian romantisme dalam lukisan. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian aliran seni rupa romantisme secara umum ya ! Baca juga pengertian romantisme dalam sastra 🙂