1. Pengertian safety riding dan safety gear itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan safety riding ?
  3. Apa arti safety riding ? Apa itu safety riding ?
  4. Apa definisi safety riding dan safety gear ?

Pengertian Safety Riding Menurut Para Ahli


Arti safety riding adalah :

Definisi safety riding adalah kegiatan untuk keselamatan berkendara yang mencakup pada kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan mengemudi, serta kiat-kiat aman berkendara. (Djoko Susilo : 2007)

Pengertian safety riding adalah mengutamakan keselamatan baik itu keselamatan diri maupun pengguna jalan lain. Para pengendara harus selalu ingat bahwa jalan raya bukanlah milik kita pribadi, melainkan sebuah fasilitas umum yang digunakan bersama-sama, sehingga kecerobohan bisa saja menyebabkan orang lain celaka. (Marye Agung Kusmagi : 2010)

Pengertian safety gear adalah penggunaan berbagai perlengkapan yang bisa menunjang keselamatan dalam berkendara. Contohnya Helm full face, sepatu boot, sarung tangan, jaket, pelindung lutut dsb. Pendek kata safety riding lebih ke arah cara berkendara sedangkan safety gear lebih kepada alatnya. 


Safety riding pastinya menjadi salah satu kalimat yang sangat sering untuk didengar bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Safety riding adalah satu istilah yang sangat melekat pada para pengendara motor terutama bagi mereka yang sangat suka untuk melakukan touring. Safety riding diadopsi dari bahasa inggris yang terbagi menjadi dua kata yaitu ‘safety’ yang berarti aman dan ‘riding’ yang berarti ‘berkendara’.

Sehingga secara harfiah atau secara lengkapnya pengertian safety riding memiliki arti sebagai bentuk pola perilaku pada saat berkendara atau untuk berkendara dengan keadaan yang aman dan juga nyaman. Keamanan dan kenyamanan harus memperhatikan bukan hanya diri sendiri melainkan juga memperhatikan kenyamanan dan keamanan dari pengguna jalan yang lain seperti pejalan kaki ataupun pengendara lainnya.

Lebih sederhananya, pengertian safety riding adalah cara atau sikap pengendara yang harus memiliki kondisi supaya penggunaan sepeda motor menjadi lebih aman dan juga nyaman. Baik itu untuk diri sendiri ataupun orang lain yang juga sebagai pengguna dari jalanan.

Pengertian lain yang juga menjelaskan tentang safety riding adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pengendara untuk meminimalisir kecelakaan ataupun tingkat bahaya dan memaksimalkan tingkat keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Kondisi ini akan membawa pengendara dalam kondisi terbaik dimana tidak akan membahayakan diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya.

Untuk melakukan safety riding maka pengendara harus memperhatikan banyak faktor dan juga hal yang harus menempatkan pengendara dan juga pengguna jalan lain yang ada di sekitarnya dalam keadaan yang baik. Faktor kendaraan dan juga faktor manusia merupakan dua hal yang sangat penting yang haru dipersiapkan untuk mendapatkan kondisi safety riding yang terbaik.

Untuk mendapatkan kondisi safety riding ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengendara mulai dari memperhatikan kecepatan dalam berkendara, kenyamanan ketika berkendara, gaya berkendara dan bahkan hingga kondisi dari pengendara sendiri. Dengan hal ini maka diharapkan pengendara bisa menghindari kemungkinan buruk yang mungkin saja bisa terjadi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian safety riding dan safety gear. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian safety riding secara umum ya ! Baca juga pengertian rujuk dan talak 🙂