1. Pengertian sains dan teknologi menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan faktor sains dan teknologi ?
  3. Apa pengertian faktor sains dan teknologi ?
  4. Apa pengertian sains dan teknologi dalam islam ?
  5. Apa perkembangan sains dan teknologi

Pengertian Sains dan Teknologi Menurut Para Ahli


Definisi sains dan teknologi adalah :

Pengertian sains dan teknologi adalah : Sains adalah bagian dari ilmu pengetahuan mempelajari secara khusus segala sesuatu yang berkaitan dengan alam yang dipandang dari sudut biologi (kehidupan makhluk hidup penghuninya), fisika (berbagai benda tak hidup yang berada di dalamnya), dan kimia (yaitu proses reaksi kimia antar zat yang menyusunnya), serta interaksi antara ketiga elemen tersebut. (Bambang N. Rachmadi : 2007)

Definisi sains adalah serangkaian aktivitas berupa pertanyaan, penyelidikan alam semesta, penemuan dan pengungkapan berbagai rahasia alam. (Carin : 1993)

Pengertian sains adalah sebuah sistem untuk mempelajari alam semesta dengan teknik pengumpulan berbagai data melalui eksperimen atau observasi. (Carin & Sund : 1989)

Pengertian teknologi adalah hasil olah fikir manusia untuk mengembangkan sistem atau tata cara tertentu dan menggunakannya untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam hidupnya. (Y.Maryono & B.Patmi Istiana : 2008)

Pengertian teknologi adalah perkembangan suatu alat atau media yang bisa digunakan dengan lebih efektif dan efisien dalam memproses serta mengendalikan suatu persoalan. (Dayat Suryana : 2012)

Pengertian sains dan teknologi dalam islam adalah suatu rahmat dari Allah untuk membantu manusia dalam menjalankan fungsi kekhalifaan di bumi. (Marwah Daud Ibrahim & Yudi Latif : 1994)

Pengertian faktor sains dan teknologi adalah berbagai hal yang terdapat unsur kebaruan, temuan baru, modifikasi ataupun inovasi yang selalu mengikuti update perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 


Pengertian Sains dan Teknologi

Apa persamaan sains dan teknologi & perbedaan sains dan teknologi ? Apa hubungan sains dan teknologi dalam kehidupan sehari hari ?

Sains dan teknologi adalah dua hal yang saling berkatikan dan seperti tidak bisa dipisahkan. Meskipun begitu, sains dan teknologi merupakan dua hal yang berbeda dimana juga memiliki dua pengertian yang berbeda pula. Pengertian sains adalah sebuah ilmu pengetahuan dimana didalamnya mempelajari tentang berbagai fenomena alam yang dimana hasilnya dapat diuji kebenarannya. Sains juga memiliki arti sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta dan juga seluruh isinya. Untuk batasan dari ilmu sains ini lebih pada hal-hal yang bisa ditangkap oleh panca indera. Berbagai indera seperti pada penglihatan, sentuhan, rabban dan juga pengecapan.

Sementara itu, pengertian teknologi adalah satu ilmu yang mempelajari mempelajari sesuatu secara rasional. Teknolgi menggunakan ilmu dengan metode yang lebih rasional dan kemudian mengarah pada hal yang lebih efisien dan bisa digunakan dalam kehidupan yang sehari-hari. Teknologi juga merupakan satu sarana dimana digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga membantu segala kebutuhan hidup manusia. Teknologi digunakan untuk membuat pekerjaan rumah menjadi lebih mudah dan lebih terbantu.

Sains dan teknologi adalah dua ilmu teknologi yang saling berhubungan dan berkaitan antara satu dengan yang lain. Sains merupakan ilmu dasar dan teknologi merupakan ilmu penerapan dari sains ini. Bahkan banyak ahli yang berpendapat jika sains adalah sebuah teori atau metode sedangkan teknologi adalah hasil dari penerapan yang dikembangkan oleh sains. Teknologi merupakan satu perwujudan dimana bisa berguna dan berfungsi sebagai sesuatu yang digunakan untuk menggunakan sumber daya alam dimana digunakan untuk memecahkan segala masalah.

Sains dan teknologi juga akan menjadi semakin erat apalagi jika dihubungkan dengan kebutuhan masyarakat. Teknologi merupakan satu penerapan dari ilmu yang sudah dikembangkan. Teknologi digunakan sebagai penemuan yang kemudian akan sangat membantu untuk kehidupan pada masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin dikembangkan dan dihubungkan dengan sains tentunya akan semakin membuat masyarakat semakin mudah dan lebih berkembang. Dengan bantuan teknologi dan sains tentunya akan membuat segala permasalahan sehari-hari manusia bisa lebih terbantu dan menjadi lebih mudah untuk dipecahkan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sains dan teknologi menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian dan contoh sains dan teknologi secara umum ya ! Baca juga pengertian prasasti dan fungsinya  🙂