1. Pengertian sakramen itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sakramen krisma ?
  3. Apa yang dimaksud dengan sakramen ekaristi ?
  4. Apa arti kata sakramen ? Apa itu sakramen inisiasi ?
  5. Apa itu sakramen baptis ? Apa itu sakramen perkawinan ?

Pengertian Sakramen Menurut Para Ahli


Arti sakramen adalah :

Definisi sakramen adalah suatu tanda yang kelihatan bisa berupa kata dan perbuatan yang bisa memberikan rahmat yang ditandakan kepada si penerima, asalkan dia itu sudah siap untuk menerimanya. (Ign Wignyasumarta : 2005)

Pengertian sakramen adalah suatu tanda keselamatan. (Adolf Heuken : 2005)

Pengertian sakramen krisma adalah bagian dari sakramen inisiasi Kristen yang utuh yaitu Baptis – Krisma – Ekaristi. Dengan Sakramen Baptis seseorang menjadi anggota Gereja secara resmi. Dengan Sakramen Krisma keanggotaannya tersebut dimantapkan dan dikukuhkan. Dan dengan sakramen Ekaristi pengukuhan itu dirayakan. (Ernest Mariyanto : 1987)

Pengertian sakramen perkawinan adalah suatu bentuk upacara peresmian perkawinan Katolik yang suci atau sakral. yang diresmikan adalah Imam. (J. A. Wahjoedi : 1990) 

Pengertian sakramentali adalah suatu tanda suci yang mirip dengan sakramen, yang menandakan efek-efek khususnya rohani yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. (Kan. 1166)  


Pengertian Sakramen

Sakramen adalah salah satu istilah yang sering digunakan untuk penganut agama Kristen ataupun Katholik. Sakramen sendiri merupakan kosa kata adaptasi yang berasal dari bahasa Inggris Sacrament dengan kata sifatnya sacramental. Kata ini juga bisa diartikan sebagai kata yang berasal dari Bahasa Latin Sacramentum yang memiliki arti sebagai menjadikan suci. Pada zaman dahulu, penggunaan bahasa ini sering digunakan untuk pengambilan sumpah yang diucapkan atau dilakukan oleh para prajurit Romawi. Namun kemudian istilah ini menjadi istilah yang digunakan oleh Gereja. Penggunaan kata ini lebih digunakan pada kata atau harfiahnya saja dan bukan dari sisi pengambilan sumpahnya.

Untuk pengantu Katolik, pengertian sakramen adalah sebuah tanda yang bisa ditangkap panca indera yang diturunkan langsung oleh Yesus kepada sebuah gereja dimana hal tersebut berguna sebagai sarana penghubung antara allah dan juga umatnya. Untuk gereja katolik sendri sakramen yang terdapat pada gereja tersebut memiliki 7 sakramen yaitu, sakramen permandian atau juga disebut sebagai sakramen baptis, sakramen penguatan atau sakramen krisma, sakramen mahakudus atau sakramen ekaristi, sakramen tobat atau rekonsiliasi, sakramen pengurapan orang sakit, sakramen perkawinan dan yang terakhir adalan sakramen imamat.

Banyak gereja katil atau Ortodoks timur, Ortodoks Oriental, Asiria Timur, Anglikan, Methodis hingga Lutheran meyakini bahwa sakramen bukan hanya sebagai symbol ataupun tanda belaka. Melainkan mereka meyakini jika Sakramen sebagai media komunikasi yang diberikan oleh Allah dan membuat umatnya bisa berkomunikasi yang dipenuhi akan rahmat dari Allah. Allah mengkomunikasikan rahman dan memberikan rahmat melalui sarana sakramen tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan sesuatu yang terjadi didalamnya yang tak kasat mata. Diyakini juga, jika segala sesuatu yang terjadi yang tak kasat mata ini merupakan berkat dan rahmat yang diberikan oleh Roh Kudus. Sedangkan, dalam penggunaannya juga tetap menggunakan unsure terlihat mata misalnya saja seperti penggunaan air, roti, anggur, minyak dan sebagainya. Secara keseluruhan sakramen memiliki arti sebagai sebuah tanda ataupun sarana persatuan antara diri manusia dengan Tuhan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sakramen dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sakramen secara umum ya ! Baca juga pengertian sakral & pengertian saiko  🙂