1. Pengertian samsara dalam agama hindu itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan samsara / istilah pengertian samsara ?
  3. Apa arti kata samsara ? Apa itu samsara ?
  4. Apa pengertian samsara dalam agama buddha ?
  5. Apa yang disebut dengan samsara ?

Pengertian Samsara


Definisi samsara adalah :

Pengertian samsara adalah suatu kepercayaan yang berasal dari agama Hindu yang artinya hidup dan penjelmaan kembali tanpa henti (terus menerus), yang menyebabkan pandangan hidup menjadi pesimistis. (Mochtar Effendy : 2000) 


Samsara adalah istilah yang sering digunakan dalam agama Buddha dan Hindu. Secara umum pengertian samsara memiliki kaitan dengan Karma. Sebelum lebih jau tentang Samsara, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang Karma. Karma sebenarnya bukanlah berarti akibat dari suatu tindakan tetapi justru karma merupakan tindakan. Segala tindakan ataupun perbuatan yang sedang dilakukan saat ini merupakan karma yang sedang kita buat.

Istilah tentang jika saat ini sedang menjalani karma sebenarnya salah. Sebab sebenarnya apa yang diterima saat ini merupakan hasil dari tindakan karma masa lalu. Yang benar bukan saat ini sedang menerima karma tetapi saat ini sedang menerima hasil dari karma masa lalu. Kemudian pada saat menerima karma dari masa lalu kemudian akan melakukan karma masa kini. Perbuatan yang berulang dan tidak putus-putus inilah yang disebut dengan Samsara.

Pengertian Samsara Secara Umum

Samsara merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti siklus kehidupan. Untuk lebih mudahnya, samsara merupakan rangkaian dari karma yang tidak ada putusnya tersebut. Atau dengan kata lain, pengertian samsara adalah serangkaian sebab akibat yang berulang secara terus menerus. Buddha dan Hindu adalah dua negara yang menggunakan istilah ini sebagai salah satu hal yang ada pada ajaran mereka.

Samsara juga merupakan satu rangkaian sebab akibat yang terus berputar dan tidak akan pernah terputus. Beragam rangkaian karma inilah yang disebut sebagai Samsara. Atau dengan akta lain, Samsara juga bisa dikatakan sebagai sebuah rangkaian karma yang tidak akan pernah terputus.

Pengertian Samsara dalam Agama Buddha

Samsara merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam Agama Buddha. Buddha merupakan salah satu agama yang memiliki kepercayaan akan proses kelahiran kembali atau renkarnasi. Proses hidup mati dan hidup kembali merupakan serangkaian siklus yang tidak ada akhirnya. Jika seseorang hidup dengan baik maka nantinya ia akan terlahir kembali menjadi orang yang baik begitu juga sebaliknya. Siklus yang secara terus menerus inilah yang disebut dengan Samsara.

Pengertian Samsara dalam Agama Hindu

Dalam agama Hindu meyakini adanya siklus perputaran berupa Samsara dengan siklus kelahiran, ia dilahirkan, hidup, mati kemudian lahir kembali. Hal ini terjadi secara terus menerus dalam hidupnya dan disebut sebagai Samsara hidup seseorang.


Itulah penjelasan singkat tentang arti dan pengertian samsara dan karma. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian samsara dalam agama hindu dan buddha secara umum ya ! Baca juga pengertian saiko 🙂