1. Pengertian sanitasi menurut para ahli dan tahunnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sanitasi lingkungan?
  3. Apa arti sanitasi air ? Apa itu sanitasi tempat-tempat umum ?
  4. Apa pengertian sanitasi bangunan ? Apa pengertian sanitasi industri ?
  5. Apa pengertian sanitasi dan hygiene ?

Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli


pengertian sanitasi menurut para ahli dan tahunnya :

Definisi sanitasi adalah suatu bentuk upaya kesehatan dengan cara memelihara serta melindungi kebersihan lingkungan dari subjeknya. (pengertian sanitasi menurut depkes : 2004)

Pengertian sanitasi adalah kata yang berasal dari bahasa latin yakni Sanitas yang artinya kesehatan yang secara lebih luas bermakna sebagai suatu bentuk ciptaan dan pemeliharaan untuk kebersihan dan kondisi yang sehat. Sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatan kepada usaha kesehatan lingkungan yang berguna untuk mencegah munculnya racun dan pencemaran makanan yang disebabkan oleh zat adiktif. (Avicena Sakula Marsanti, S.KM., M.Kes dan ‎Retno Widiarini, S.KM., M.Kes :  2018)

Arti sanitasi adalah salah satu bentuk usaha untuk mencegah pencemaran, hal ini dikarenakan pencemaran adalah penyebab penurunan mutu bahkan bisa membuat kerusakan produk pangan. (pengertian sanitasi menurut ahli R.A. Rihastuti & ‎Soeparno : 2018)

Pengertian sanitasi adalah penciptaan atau pemeliharaan suatu kondisi yang bisa mencegah terjadinya kontaminasi makanan atau terjadinya penyakit yang bisa disebabkan oleh makanan. (Labensky dkk : 1994)

Pengertian sanitasi lingkungan adalah status kesehatan suatu lingkungan yang meliputi lingkungan sekitar perumahan, penyedian air bersih, pembuangan kotoran, dan lain sebagainya (pengertian sanitasi lingkungan menurut para ahli Notoatmodjo : 2012)

Pengertian sanitasi air adalah sanitasi yang dilakukan dengan tujuan menyediakan air yang bisa memenuhi persyaratan serta menjamin tidak adanya kontaminasi makanan oleh air yang dipakai. (pengertian sanitasi air menurut para ahli Hiasinta A. Purnawijayanti : 2001)

Pengertian sanitasi kandang adalah hal yang sangat penting dalam pemeliharaan hewan yang mana kandang perlu dibersihkan dengan sabun ataupun disinfektan secara rutin yang bertujuan untuk membebaskan dari kotoran dan kontaminan berbahaya. (pengertian sanitasi kandang menurut para ahli DR. Harmita, Apt & DR. Maksum Radji, M.Biomed : 2008)

Pengertian sanitasi tempat-tempat umum adalah suatu bentuk usaha pencegahan penyakit kesehatan ditempat temput umum dikarenakan tempat umum adalah tempat bertemunya segala macam masyarakat dengan berbagai segala macam penyakit yang dimilikinya dan penyebaran penyakitnya terutama yang bersumber pada media makanan, minuman, air dan udara. (pengertian sanitasi tempat-tempat umum menurut para ahli Muhammad Ikhtiar SKM, M.Kes : 2017)

Pengertian sanitasi industri adalah sanitasi yang bertujuan untuk mewujudkan suatu kondisi industri yang memenuhi syarat kesehatan supaya masyarakat terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan yang disebabkan oleh produk serta bahan buangan industri. (pengertian sanitasi industri menurut para ahli dalam REPELITA 1984)

Pengertian sanitasi hygiene adalah sanitasi yang mencakup perorangan, makanan dan minuman, serta lingkungan yang bertujuan untuk mencegah timbulnya penyakit, keracunan serta gangguan kesehatan lainnya sebagai akibat dari adanya interaksi antar faktor-faktor lingkungan hidup manusia. (pengertian sanitasi hygiene menurut para ahli dalam SK Dirjen Pariwisata)

Pengertian sanitasi bangunan adalah suatu kondisi lingkungan ataupun area yang higienis yang dipakai sebagai tempat berlangsungnya kegiatan produksi yang meliputi keseluruhan ruangan yang terdapat dalam bangunan
. (Hobbs : 1989) 


Pengertian Sanitasi Secara Umum

Sanitasi menjadi salah satu istilah yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan yang sehat dan juga kebersihan. Secara umum pengertian sanitasi adalah sebuah perilaku atau tindakan yang disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan tujuan untuk membuat manusia tidak bersentuhan langsung dengan berbagai kotoran dan bahan buangan berbahaya dimana kegiatan ini memiliki fungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Hal-hal yang termasuk dalam kategori berbahaya yang berkemungkinan melakukan interaksi langsung dengan manusia adalah benda bahaya berbentuk fisik, kotoran, mikrobiologi atau bahan kimia dan juga bahan biologis. Sedangkan yang termasuk dalam kotoran yang dimaksudkan disini adalah bahan buangan yang bisa menganggu kesehatan manusia seperti air seni, tinja manusia, tinja binatang, air bahan buangan domestik, bahan buangan industri dan juga bahan buangan pertanian.

Definisi sanitasi secara lengkap merupakan berbagai upaya yang dilakukan untuk mencapai standart kesehatan hingga mencapai terjaminnya terwujudnya kondisi yang sehat dan juga memenuhi persyaratan kesehatan.

Sanitasi juga bisa berarti sebagai satu kegiatan untuk membebaskan dari berbagai hal yang bisa merusak dan juga menganggu kesehatan manusia baik itu yang bisa berupa barang ataupun jasa.

Menurut Para Ahli

Menurut Dr. Azrul Azwar, MPH sanitasi adalah cara pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya dalam bidang pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang berkemungkinan memiliki pengaruh dengan derajat kesehatan manusia.

Menurut Ehler & Steel, sanitasi adalah pencegah dari berbagai macam penyakit dengan membersihkan ataupun melakukan kontrol pada lingkungan hidup ataupun berbagai faktor yang merupakan hubungan, rantai ataupun penyebaran atau penularan.

Menurut Hopkins, Sanitasi adalah cara pengawasan ynag dilakukan untuk melihat berbagai faktor lingkungan yang memiliki pengaruh pada lingkungan.

Menurut WHC, Sanitasi adalah pengendalian seluruh faktor lingkungan fisik manusia yang bisa mengakibatkan akibat buruk pada kehidupan manusia baik secara fisik ataupun mental.

Menurut Sihite, Sanitasi yang dimaksudkan disini adalah sanitasi makanan yaitu merupakan kegaiatan untuk melakukan pencegahan yang bertujuan untuk membebaskan makanan ataupun minuman dari berbagai hal yang bisa membahayakan, menganggu, merusak kesehatan baik itu dalam proses pembuatan, pengolahan, pendistribusian, penyimpanan ataupun penyajiannya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sanitasi menurut para ahli dan tahunnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sanitasi secara umum ya ! Baca juga pengertian sahabat dan persahabatan & pengertian psikologis  🙂