1. Pengertian sarana dan prasarana kantor dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan sarana dan prasarana kantor ?
  3. Apa arti kata sarana dan prasarana kantor ?
  4. Apa itu sarana dan prasarana kantor ?
  5. Jelaskan pengertian sarana dan prasarana kantor menurut para ahli!

Pengertian Sarana dan Prasarana Kantor Menurut Para Ahli


Arti sarana dan prasarana kantor adalah :

Pengertian sarana dan prasarana kantor adalah perbekalan kantor yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan organisasi / perusahaan yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. (Dr. Ir. Hj. Apiaty Kamaluddin, M.Si : 2017)

Definisi sarana dan prasarana kantor adalah berbagai macam perbekalan kantor yang bertujuan untuk menunjang lancarnya perkerjaan kantor dalam usaha mencapai tujuan organisasi. Contoh sarana dan prasarana kantor antara lain ; (1) Barang lembaran (2) Barang bentuk lainnya (3) Alat tulis (4) Alat keperluan lainnya (5) Mesin perkantoran (6) Perabotan perkantoran dan (7) Perlengkapan lainnya. (pengertian sarana dan prasarana kantor menurut the liang gie : 2000) 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat untuk mencapai maksud dan tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek).

Perbedaan sarana dan prasarana terletak pada pemakaiannya dimana sarana dipakai secara langsung yang berupa benda-benda bergerak dan prasarana hanyalah sebagai fasilitas penunjang yang berupa fasilitas tidak bergerak. Walaupun demikian, sarana dan prasarana memiliki keterkaitan yang kuat dan unsurnya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

Apa contoh sarana dan prasarana kantor beserta fungsinya? Pembagian sarana dan prasarana kantor berdasarkan jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. Peralatan dan Perlengkapan Kantor

Digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan kantor sehingga pelaksanaannya menjadi lebih cepat.

Peralatan dan perlengkapan kantor dibagi menjadi dua yaitu

  • Perlengkapan dan peralatan kantor dilihat dari bentuknya dibagi menjadi tiga yakni berbentuk lembaran atau helaian, berbentuk non lembaran, dan berbentuk buku.
  • Perlengkapan dan peralatan kantor dilihat dari penggunaannya dibagi menjadi dua jenis yaitu barang habis pakai (penggunaannya hanya sekali dan langsung habis) dan barang tidak habis pakai (penggunaannya dapat berkali-kali)
  1. Mesin-Mesin Kantor

Adalah alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, dan mengolah bahan-bahan yang ada di kantor. Mesin kantor dapat berupa mesin magnetik, mekanin, dan mesin elektrik.

  1. Mesin Komunikasi Kantor

Adalah mesin kantor yang digunakan untuk kepentingan internal maupun eksternal kantor

  1. Perabot Kantor

Adalah benda-benda kantor yang terbuat dari besi maupun kayu yang digunakan untuk membantu pelaksanaan tuga di kantor agar lebih mudah

  1. Interior Kantor

Adalah benda yang ada di kantor yang digunakan untuk menambah suasana kantor menjadi lebih hidup dan membuat para karyawan menjadi bersemangat

  1. Tata Ruang Kantor

Adalah pengaturan tentang tata ruang kantor serta pengaturan penyusunan alat-alat dan perabotan kantor sesuai dengan luas bangunan yang ada di kantor. Tata ruang kantor yang baik akan sangat membantu dan memudahkan para karyawan untuk melakukan pekerjaannya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sarana dan prasarana kantor beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian sarana dan prasarana kantor secara umum ya ! Baca juga pengertian banjir rob 🙂